Perbankan dan Keuangan

Hanwha Life Akuisisi Saham Bank Nobu, OJK: Prosesnya Masih Panjang

Jakarta – Hanwha Life Insurance, perusahaan asuransi asal Korea Selatan dikabarkan telah mengakuisisi 40 persen saham PT Bank Nationalnobu Tbk atau Bank Nobu (NOBU) dari Lippo Group.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae menyebutkan bahwa kabar tersebut merupakan tahap bilateral yang dilakukan oleh kedua perusahaan tersebut, dengan proses yang masih panjang.

“Saya kira itu adalah tahap bilateral yang mereka lakukan, masih panjang prosesnya,” kata Dian kepada Infobanknews, Rabu 8 Mei 2024.

Baca juga: Hanwha Life Dikabarkan Resmi Caplok 40 Persen Saham Bank Nobu

Dian menjelaskan bahwa saat Hanwha Life Group memproses komitmennya untuk mengakuisisi Bank Nobu, tentu hal tersebut untuk memenuhi proses Good Corporate Governance (GCG) yang berlaku di perusahaan tersebut.

“Tentunya juga untuk memenuhi proses GCG yang berlaku di sana, maka diperlukan persetujuan Executive Board-nya dan setelah itu diumumkan ke publik dan masih perlu waktu lagi untuk proses berikutnya untuk menandatangani conditional agreement dengan Bank Nobu,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Dian, hal itu disebabkan karena masih diperlukan beberapa proses internal dan due diligence. Setelah itu, perlu proses persetujuan Financial Services Commission (FSC) di Korea dan persetujuan OJK di Indonesia.

Namun, untuk saat ini OJK sedang menunggu proposal resmi yang diajukan oleh kedua perusahaan tersebut terkait rencana akuisisi.

“Jika proposal sudah siap, akan dilanjutkan dengan proses persetujuan OJK. Jadi kita dalam posisi menunggu proposal resmi diajukan ke OJK. Tentu nanti juga akan ada komunikasi antar otoritas Korea (FSC) dan OJK,” ungkap Dian.

Baca juga: Hanwha Life Akuisisi 40 Persen Saham Bank Nobu, Apa Kabar Merger dengan Bank MNC?

Sebelumnya, mengutip Korean Times, Rabu, 8 Mei 2024, langkah mengakuisisi saham Bank Nobu tersebut sebagai upaya Hanwha Life melakukan ekspansi ke pasar keuangan Asia Tenggara.  

Dilaporkan, Hanwha Life dan Bank Nobu telah menandatangani sale purchase agreement (SPA) pada Jumat pekan lalu. Hanwha Life sepakat untuk mengakuisisi 40 persen saham Bank Nobu dari Lippo Group. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

8 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

8 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

8 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

9 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago