Internasional

Hamas–Israel Sepakat Perpanjang Gencatan Senjata Selama Satu Hari

Jakarta – Kelompok Hamas-Israel menyepakati perpanjangan gencatan senjata satu hari hingga Jumat, 1 Desember 2023.

Kesepakatan perpanjangan tersebut diumumkan sehari jelang berakhirnya jeda pertempuran pertama pada Kamis (30/11) pagi waktu setempat.

Dinukil AFP, Kamis (30/11), militer Israel mengumumkan bahwa jeda pertempuran akan diperpanjang. Disebutkan, bahwa perpanjangan tersebut dimaksudkan agar para mediator yakni Qatar, Mesir dan Amerika Serikat (AS) terus membantu perundingan perihal pembebasan lebih banyak sandera yang ditahan di Jalur Gaza.

Baca juga: Cerita WN Thailand jadi Sandera Hamas, Tak Pernah Disiksa dan Diberi Makan

“Menyoroti upaya mediator untuk melanjutkan proses pembebasan para sandera dan mematuhi ketentuan kerangka kerja, jeda operasional akan terus berlanjut,” sebut militer Israel dalam pernyataannya.

Hal yang sama juga dikatakan Hamas bahwa kesepakatan jeda pertempuran telah dicapai untuk memperpanjang gencatan senjata satu hari atau 24 jam ke depan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar Majed Al Ansari mengungkapkan, Israel dan Hamas menyepakati untuk memberikan jeda kemanusiaan di Gaza.

“Palestina dan Israel mencapai kesepakatan untuk memperpanjang gencatan senjata kemanusiaan di Jalur Gaza selama satu hari tambahan dengan kondisi yang sama sebelumnya,” katanya dalam keterangan tertulis dilansir AFP.

Baca juga: Gerakan Medsos Julid Fisabilillah Sukses Serang Mental Tentara Israel

Sebelumnya, Israel dan Hamas dikabarkan sepakat untuk memperpanjang gencatan senjata untuk setidaknya 24 jam ke depan hingga Jumat (1/12).

Dalam perjanjian, pihak Hamas sepakat membebaskan ratusan sandera yang ditahan secara bertahap oleh Israel.

Sementara itu, Israel juga menyepakati pembebasn warga Palestina yang sudah ditahan selama bertahun-tahun di penjara. Pada Rabu (29/11), Hamas sudah membebaskan 16 sandera, sementara Israel membebaskan 30 tahanan Palestina dari penjara. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

33 mins ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

46 mins ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

1 hour ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

2 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

3 hours ago

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

5 hours ago