Keuangan

Halo! Nasabah Bumiputera, Pembayaran Klaim Tinggal Menghitung Hari

Jakarta – Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera dalam waktu dekat bakal membayarkan klaimnya kepada para pemegang polis. Satu-satunya perusahaan asuransi mutual yang ada di Indonesia ini menargetkan akan membayarkan klaim sebesar Rp2,2 triliun di 2023.

“Kita bayar Rp2,2 triliun di 2023. Mudah-mudahan mulai Maret ini kita mulai melakukan pembayaran. Kenapa kita sekarang belum, karena kita tidak mau terjadi masalah baru. Jadi verifikasi (proses klaim) by IT kita ketat sekali. Jangan sampai yang sudah pernah dibayarkan, itu dibayarkan lagi,” ujar Direktur Utama Bumiputera, Irvandi Gustari, ketika media visit ke Kantor Infobank, di Jakarta, Selasa, 28 Februari 2023.

Sebagai informasi, total klaim yang harus dibayarkan Bumiputera yakni Rp12 triliun. Namun setelah diterapkan skema penurunan nilai manfaat (PNM) maka total klaim menyusut menjadi Rp5,2 triliun. Seperti diketahui, skema PNM menjadi salah satu langkah yang diterapkan perusahaan ini untuk mengurai permasalahan. Di mana, manfaat dari pemegang polis akan mengalami penurunan rata-rata sekitar 47,3%.

Irvandi menjelaskan, skema PNM ini merupakan jalan tengah yang dilakukan Bumiputera agar bisa tetap beroperasi dan yang paling utama tentunya membayarkan hak-hak para pemegang polis.

“Ini bisa menjadi opsi yang terbaik. Perusahaan tetap hidup dan nasabah masih bisa membeli produk lagi (premi lanjutan). Tentu menjualnya (produk asuransi) dengan strategi yang berbeda, tidak bisa melakukan strategi-strategi yang sifatnya perorangan dulu, tapi yang sifatnya affinity. Bisa juga melakukan kerja sama dengan berbagai pihak,” tegasnya.

Saat ini, Irvandi dan jajaran manajemen tengah berjuang dalam rangka penyelamatan dan penyehatan Bumiputera. Penyelamatan ini dengan upaya menjaga likuiditas sekaligus membayarkan klaim yang tertunda selama ini.

“Tapi berbarengan dengan itu saya harus menginjak gas untuk penyehatan di 2023, supaya ini bisa saya cicil untuk penyehatannya,” kata Irvandi (*) Bagus Kasanjanu

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Semangat Perjuangan Yahya Sinwar Melawan Israel, Nyawa jadi Taruhannya

Jakarta – Militer Israel mengeklaim telah membunuh pemimpin politik dan militer Hamas Yahya Sinwar di… Read More

10 mins ago

Jelang Akhir Pekan, IHSG Ditutup Naik 0,32 Persen ke Level 7.760

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini (18/10) ditutup meningkat ke level… Read More

32 mins ago

Infobank Digital Bersama Asuransi Intra Asia dan Bank Mayapada Gelar Literasi Keuangan bagi Mahasiswa Unair

Surabaya – Infobank Digital yang merupakan bagian dari Infobank Media Group menggelar Infobank Literacy Road… Read More

36 mins ago

Tingkatkan Literasi Keuangan bagi Milenial, MR.DIY dan CIMB Niaga Lakukan Ini

Jakarta – Perusahaan ritel rumah tangga, MR.DIY menggandeng PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dalam… Read More

41 mins ago

Erina Gudono Santap Omakase Spesial di RS usai Kelahiran Anak, Harga Fantastis jadi Sorotan!

Jakarta – Erina Gudono, istri dari Kaesang Pangarep, kembali mendapat sorotan tajam netizen setelah melahirkan… Read More

1 hour ago

Begini Tanggapan OJK Soal Jokowi Terbitkan Aturan Asuransi untuk Mantan Menteri

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2024… Read More

3 hours ago