Hadapi Lebaran, Artajasa Siapkan Kapasitas Mesin Switching

Hadapi Lebaran, Artajasa Siapkan Kapasitas Mesin Switching

Jakarta – PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa), penyedia layanan sistem pembayaran terdepan dan pengelola layanan ATM Bersama menyiapkan beberapa langkah strategis dalam menghadapi peningkatan transaksi yang terjadi di ATM Bersama menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Menurut Direktur Utama Artajasa Bayu Hanantasena, di Jakarta, Senin, 19 Juni 2017 mengatakan, semakin mendekati Hari Raya ldul Fitri maka volume transaksi perbankan pun semakin meningkat. Terutama untuk transaksi tarik tunai dan transfer antarbank melalui jaringan ATM Bersama.

“Peningkatan transaksi yang terjadi saat memasuki Bulan Ramadhan hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri cukup signifikan, bahkan bisa mencapai rata-rata kenaikan hingga diatas 20 persen dibandingkan transaksi harian,” ujar Bayu.

Sementara itu, untuk mengantisipasi tingginya peningkatan transaksi di ATM Bersama tersebut, kata dia, sejak tahun lalu Artajasa telah menyiapkan peningkatan kapasitas mesin switching yang mengelola transaksi-transaksi di jaringan ATM Bersama.

“Utilitas mesin switching ATM Bersama sendiri pada periode normal/hari biasa baru terpakai sekitar 10 persen. Khusus pada periode menjelang Hari Raya Idul Fitri, kami telah tingkatkan kapasitas mesin switching hingga enam kali lipat untuk dapat menampung sesuai dengan prediksi transaksi tersebut,” ucap Bayu.

Sementara itu, Artajasa juga mendorong bank Anggota ATM Bersama untuk melakukan kegiatan Capacity Planning. Menurut Direktur Teknologi Informasi dan Operasional Artajasa Teddy Sis Herdianto, Capacity Planning sangat penting untuk dilakukan agar performansi sistem yang dimiliki bank-bank anggota ATM Bersama dapat meningkat sesuai dengan peningkatan transaksi di jaringan ATM Bersama.

“Sehingga apabila bank telah melakukan Capacity Planning secara rutin, maka bisa dipastikan bank tersebut telah siap menghadapi tingginya lonjakan transaksi pada libur idul Fitri mendatang,” jelas Teddy.

Untuk menjaga agar kebutuhan transaksi perbankan masyarakat tetap terakomodir Artajasa juga melakukan komunikasi secara intensif dengan seluruh Anggota ATM Bersama.

“Bersama dengan seluruh Anggota ATM Bersama, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan transaksi perbankan yang optimal di masa Hari Raya Idul Fitri. Untuk itu antara Artajasa dengan Anggota ATM Bersama sama-sama sepakat untuk menyiapkan tim helpdesk yang akan in-charge selama 24 jam guna memastikan jaringan ATM Bersama tetap termonitor dengan baik,” tutup Teddy. (*)

Related Posts

News Update

Top News