Perbankan

Hadapi Gejolak Ekonomi, Perbankan Optimis BI Tetap Ahead The Curve

Jakarta– Industri perbankan optimis Bank Indonesia (BI) sebagai regulator masih mampu menstabilkan nilai tukar rupiah ditengah ketidakpastian ekonomi global pada tahun 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria serta CEO Citibank Indonesia Batara Sianturi ketika ditemui disela-sela acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) 2018.

Batara menyebut, BI sebagai bank sentral masih mampu menjaga fundamental ekonomi dengan mempertahankan stance kebijakan moneter yang preemptive dan ahead the curve hingga 2019 mendatang.

“Kita melihat bahwa dengan ahead the curve bahwa hasilnya cukup baik dan dollar sudah RP14.500 ini indikasi positif, kita lihat saja untuk tahun ini satu lagi dan taun depan masih positif lah,” kata Batara di Jakarta Convention Center, Selasa 27 November 2018.

Dirinya menyebut, hingga saat ini perbankan masih terus mengantisipasi kenaikan suku bunga tersebut dengan terus memantau kondisi pasar dan keuangan dalam negeri maupun global.

“Kita masih melihat apakah kenaikan suku bunga the fed maupun BI dan perubahan ini juga mesti kita kaji,” kata Batara.

Ditemui di tempat yang sama, Taswin juga optimis BI dapat dengan cepat merespon kebijakan bank sentral AS dengan kebijakan yang menyeluruh dan tepat guna menjaga fundamental ekonomi.

“Prediksinya Fed akan naikan suku bunga 2 hingga 3 kali lagi, semua tergantung perkembangan perekonomian Amerika dan BI dalam hal ini selalu bisa merespon dan cukup bisa cepat,” tukas Taswin.

Sebagai informasi, untuk suku bunga acuan BI sendiri, hingga sepanjang 2018 saja BI telah menaikkan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate sebanyak 175 bps pada bulan Mei Juni, Agustus dan terakhir pada November sehingga kini berada di level 6,00%. Dengan kebijakan kenaikan suku bunga tersebut dipercaya mampu untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.(*)

Suheriadi

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

2 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

2 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

9 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

10 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

23 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

24 hours ago