Moneter dan Fiskal

Hadapi Gejolak, BI Bersyukur Nilai Tukar Terjaga pada Rp14.200

Jakarta– Bank Indonesia (BI) mengaku bersyukur atas stabilitas nilai tukar rupiah yang tetap terjaga hingga hari ini (27/3) di level Rp14.200 per dollar Amerika Serikat (AS).

Hal tersebut disampaikan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo pada peluncuran buku Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) tahun 2018 di Kompleks BI Jakarta. Perry menilai, stabilitas nilai tukar terjaga ditengah ketidakramahan gejolak ekonomi global pada tahun 2018 lalu.

“Kita patut bersyukur, harus bersyukur bahwa kinerja ekonomi Indonesia pada tahun 2018 cukup baik. Stabilitas bisa kita pulihkan, inflasi terkendali, nilai tukar dapat dikendalikan, stabil, bahkan menguat hingga hari ini di sekitar Rp14.100 hingga Rp14.200,” kata Perry di Jakarta, Rabu 27 Maret 2019.

Tak hanya itu, stabilitas dan ketahanan ekonomi juga terjaga ditengah momentum pertumbuhan ekonomi yang masih terus tumbuh dimana pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi masih berada pada angka 5,17%.

Walau begitu, dirinya menekankan pentingnya peningkatan ekspor yang dinilai masih menjadi tugas rumah bagi perekonomian Indonesia hingga tahun 2019.

“Meski ekspor masih sulit didorong, tapi sumber pertumbuhan ekonomi dalam negeri yakni konsumsi dan investasi bisa ditingkatkan. Dimana kinerja ekonomi yang didukung domestik naik sejak tahun 2015,” tukas Perry.

Sebagai informasi, nilai tukar Rupiah berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate atau Jisdor Bank Indonesia, rupiah per dolar AS pada hari ini (27/3) diposisi Rp14.202, atau melemah tipis dibanding perdagangan kemarin (26/3) yang diposisi Rp14.171. (*)

Suheriadi

Recent Posts

Bos BRI Ungkap Kunci agar Indonesia Keluar dari Middle Income Trap

Jakarta - Direktur Utama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, Sunarso mengungkapkan kunci… Read More

1 min ago

Bentuk KUB, Bank DKI Bakal jadi Induk Bank NTT Lewat Right Issue

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memutuskan PT Bank Pembangunan Daerah DKI Jakarta (Bank DKI) untuk menjadi… Read More

6 mins ago

Kena PHK, Begini Cara dan Syarat Pencairan Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Jakarta – Kementerian Ketenagakerjaan mengungkap, tren pemutusan hubungan kerja (PHK) melonjak dalam beberapa bulan belakangan. Tercatat,… Read More

38 mins ago

Simak! 2 Jenis Reksa Dana Terbaik di Tengah Ketidakpastian Global

Jakarta - PT Mandiri Sekuritas menyebut bahwa berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perkembangan dana… Read More

40 mins ago

295 Saham Hijau, IHSG Ditutup Naik ke Level 7.559

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini (14/10) ditutup dengan melanjutkan penguatannya… Read More

60 mins ago

Kemendagri Sebut Pemda Suntik Modal BUMD Rp11,30 T pada 2024, Provinsi Ini Paling Besar

Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemedagri) menyebut pemerintah daerah (Pemda) sudah menyuntikan modal sebesar Rp11,30… Read More

1 hour ago