Ekonomi dan Bisnis

Hadapi Ekonomi Digital, Jack Ma Siap Bantu RI Kembangkan SDM

Nusa Dua – Pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok, Jack Ma berkomitmen untuk membantu pemerintah Indonesia dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di sektor ekonomi digital termasuk dalam bidang sistem pembayaran.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018, Nusa Dua, Bali, Sabtu, 13 Oktober 2018 mengungkapkan, bahwa pemerintah Indonesia, pihak swasta dan Jack Ma saat ini tengah merampungkan desain pengembangan SDM di ekonomi digital.

“Kita perlu sekali pengembangan SDM. Bahkan kami sedang siapkan. Alibaba juga siapkan proposal, dari kami siapkan tim untuk diskusi lebih detail untuk seperti apa seharusnya kami kembangkan modelnya,” ujarnya.

Selain pengembangan SDM, tambah dia, Indonesia melalui kerja sama dengan Jack Ma juga akan berpartisipasi dalam acara Festival Belanja terbesard di China yakni Double Eleven pada 11 November 2018. Pemerintah, kata Darmin, saat ini sedang menyiapkan beberapa produk yang akan ikut dipasarkan di Double Eleven itu.

“Bukan hanya nanti ada acara dari Presiden yang disediakan, tapi kami juga siapkan beberapa produk,” kata Darmin.

Di tempat yang sama, Jack Ma menekankan untuk bantuan pengembangan dalam SDM. Ekonomi digital yang sedang berkembang pesat di Indonesia, seperti layanan finansial berbasis teknologi (Fintech), perbelanjaan daring (e-commerce), dan sistem pembayaran harus didukung kapasitas SDM yang unggul.

“Saya pikir masa depan Indonesia sangat bergantung dari pendidikan, pelatihan dan bagaimana kita menyiapkan anak muda Indonesia untuk tidak melewatkan kesempatan ekonomi digital,” tutupnya. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Menilik Tantangan-Peluang Perajin Batik di Era Industri yang Menggeliat

Jakarta – Industri batik di Tanah Air menggeliat di tengah tantangan besar dari sisi produktivitas dan… Read More

6 hours ago

Inflasi Medis Melangit, Bundamedik Tempuh Langkah Ini

Jakarta - Inflasi kesehatan atau inflasi medis kini tengah menjadi sorotan sejumlah pihak. Meningkatnya biaya… Read More

7 hours ago

Prudential Indonesia-UNICEF Kolaborasi Dorong Partisipasi PAUD di NTT

Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prudence Foundation berkolaborasi dengan UNICEF Indonesia… Read More

8 hours ago

Nasib Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Ada di Tangan Prabowo

Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendorong keberlanjutan program Kartu Prakerja di masa kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo… Read More

8 hours ago

Merangkap Jadi Menaker, Airlangga Siapkan Rencana Kenaikan UMP Tahun Depan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemban tugas baru sebagai Ad Interim (tugas sementara) Menteri… Read More

8 hours ago

Pahami 4 Hal Ini Agar Terhindar dari Investasi Ilegal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kerugian masyarakat akibat investasi ilegal atau bodong di… Read More

8 hours ago