Politic

Gubernur Khofifah Masuk Radar Cawapres Anies Baswedan

Jakarta – Bursa bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) terus berkembang. Kini, muncul nama Khofifah Indar Parawansa. Gubernur Jawa Timur ini dikabarkan menjadi salah satu kandidat pendamping Anies.

Merespons hal tersebut, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan hingga saat ini Koalisi Perubahan masih merahasiakan siapa kandidat cawapres Anies Baswedan. Namun, dia juga tak memungkiri bahwa nama Khofifah muncul ke permukaan.

“Memang kita sering dengan nama Mbak Khofifah, kan. Mungkin salah satu di antaranya (kandidat cawapres Anies,” kata Surya Paloh dikutip Selasa, 27 Juni 2023.

Baca juga: Koalisi Perubahan Siap Umumkan Cawapres Anies Baswedan, Ini Bocorannya

Lebih jauh dia menjelaskan, Koalisi Perubahan yang terdiri dari Nasdem, Demokrat, dan PKS ini, sudah menyerahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan untuk memutuskan siapa cawapres yang akan diusungnya.

“Saya pikir Pak Anies yang tahu, kita sudah serahkan kepada Bung Anies. Kita tunggu saja,” beber Surya Paloh.

Ketika ditanya mengenai kapan cawapres Anies Baswedan akan diumumkan, Surya Paloh tak memberikan jawaban pasti. “Saya belum tahu,” jawab Paloh.

Sebelumnya, Kepada Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demoktrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan, pilihan cawapres yang diusung Koalisi Perubahan diyakini akan memberikan koalisi lain.

“Pasangan ini benar-benar akan mengejutkan koalisi-koalisi dan capres-capres lain. Karena ini inilah yang ditunggu-tunggu rakyat,” kata Herzaky.

Baca juga: Anies, Ganjar, dan Prabowo, Siapa yang Pro Pembangunan?

Nama tersebut pun mengerucut kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ketua Umum Partai Demokrat ini diklaim memiliki elektabilitas. Selain itu, Partai Demokrat juga punya kursi lebih banyak dari PKS di parlemen. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Walz vs Vance Memanas dalam Debat Cawapres AS, Singgung Konflik di Timur Tengah

Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Tim Walz mempertanyakan kapabilitas… Read More

38 mins ago

BUMN Business Forum 2024: Ini Dia 55 BUMN Terbaik Versi The Asian Post 2024

Jakarta - Sebanyak 55 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dianugerahi penghargaan "The Best State Owned… Read More

49 mins ago

Kominfo Luncurkan Sistem Kebencanaan, Notifikasi bakal Muncul di SMS hingga TV

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun sistem Early Warning System (EWS) dan Disaster Prevention… Read More

1 hour ago

Pemerintah Siapkan Aturan Perlindungan bagi Pengemudi Ojol

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berencana akan mengkaji aturan terkait pengemudi ojek online (ojol).… Read More

1 hour ago

IHSG Dibuka Naik Tipis ke 7.569, Berpotensi Sideways

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB (3/10) indeks harga saham gabungan… Read More

2 hours ago

Jakarta CREATORCON 2024 Sukses Menarik Animo Ratusan Konten Kreator RI

Jakarta – Jakarta CREATORCON 2024 sukses menyedot animo 920 konten kreator di Indonesia. Dengan menghubungkan… Read More

2 hours ago