Categories: Ekonomi dan Bisnis

Grup Topi Koki Tingkatkan Produksi Beras Sumsel

Jakarta – Dalam rangka meningkatkan produksi dan pasokan beras ke perusahaan, Grup Topi Koki di Palembang melakukan terobosan dengan membuat Inovasi sistem (Tata Air) Irigasi Mikro Unik yang sesuai kondisi persawahan di Sumatera Selatan (Sumsel).

Selama ini petani di Sumsel sebagai salah satu daerah lumbung Padi di Indonesia tidak bisa tanam dua kali setahun karena kondisi iklim, seperti belum musim hujan, air sungai Musi belum surut atau kondisi kering
karena kemarau, baik untuk sawah rawa lebak maupun sawah pasang surut.

Hal ini mendorong Grup Topi Koki sebagai salah satu brand beras ternama di Indonesia melakukan penelitian dan pengembangan dibidang Tata Air Mikro sawah untuk mengatasi kendala tersebut.

Hasilnya adalah terobosan dengan sistem Kanalisasi dan Pompanisasi yang telah dilakukan percontohan dipersawahan Sumsel. Upaya ini mulai membuahkan hasil sehingga pada hari Sabtu, 13 Februari 2016 lalu dilakukan perkenalan percontohan penanaman padi perdana menggunakan Tata Air Mikro Kanalisasi dan Pompanisasi yang dihadiri Perpadi, bahkan perwakilan Bulog Sumsel di areal persawahan yang menjadi area percontohan di kecamatan pemulutan Sumsel.

“Kami senang bahwa terobosan sistem tata air mikro kanalisasi dan pompanisasi memberi hasil yang sangat positif dimana kami bisa mengairi wilayah sawah dimusim kering, kemarau atau menyedot kelebihan air di musim hujan dengan biaya yang efisien” ujar Direktur Topi Koki Grup, Sukarta Buyung, di Jakarta, Senin, 15 Febuari 2016.

Sukarta menambahkan sistem ini menggunakan Pompa yang bisa dirakit sendiri dengan biaya yang terjangkau dan kami siap menyebarkan dan mengajarkan inovasi ini ke rekan‐rekan petani padi yang lain, dengan tujuan agar kita bisa bersama‐sama membuat panen dari sekali setahun, menjadi minimal dua kali setahun.

Dengan potensi luas lahan pasang surut dan rawa lebak diwilayah Sumsel yang begitu luas, maka jika memanfaatkan sistem irigasi baru ini diperkirakan akan mampu menghasilkan panen minimal dua kali dalam meningkatkan produksi beras Sumsel secara signifikan.

“Hal ini tentunya akan semakin menambah produksi beras diwilayah Sumsel dan mendukung  program pemerintah dalam hal ketahanan pangan, khususnya untuk menuju Swasembada Beras,” pungkas Sukarta. (*) Dwitya Putra

Apriyani

Recent Posts

Dukung Ekosistem Syariah, CIMB Niaga Kembali Gelar Haya Festival 2024

Jakarta - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) kembali menyelenggarakan… Read More

1 min ago

Memahami Pelonggaran Kebijakan Moneter The Fed

Oleh Ryan Kiryanto, Ekonom Senior dan Associate Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia MOMEN presentasi tiga… Read More

3 mins ago

BCA Digital Belum Ingin Keluarkan Produk Paylater: Kami Fokus Bantu Kelola Keuangan

Jakarta - Produk buy now pay later (BNPL) atau paylater mulai digandrungi oleh pelaku industri… Read More

5 mins ago

Bos BRI Kasih Bocoran Laba Bersih Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memproyeksikan laba bersih di kuartal III… Read More

12 mins ago

LPEI Dorong UMKM ‘Naik Kelas’ di TEI 2024, Berikut Daftarnya

Jakarta – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) terus berupaya mendorong pelaku usaha untuk ‘naik kelas’ dan… Read More

21 mins ago

Lanjut Melemah, IHSG Ditutup Terkoreksi Sebanyak 0,74 Persen

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Rabu, 9 Oktober 2024, ditutup… Read More

33 mins ago