Ekonomi dan Bisnis

Grup Mitra Adiperkasa Kompak Cetak Kinerja Positif di Kuartal II/2023, Ini Pendorongnya

Jakarta –  Peritel multi-channel branded commerce di Indonesia PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) dan anak usahanya PT MAP Aktif Adiperkasa (MAPA) mencatatkan kinerja positif pada kuartal II/2023. Di mana, pendapatan, laba usaha dan EBITDA grup kompak mengalami kenaikan.

Pada kuartal II/2023, MAPI mengalami lonjakan pendapatan bersih 23% menjadi Rp8,1 triliun dari Rp6,6 triliun. Sementara, GPM meningkat dari 45,6% menjadi 46,4% 

Laba usaha pun melonjak 27,9% menjadi Rp1,1 triliun dari Rp836 miliar, EBITDA tumbuh 21,6% menjadi Rp1,7 triliun dari Rp1,4 triliun. Adapun laba bersih naik menjadi Rp766 miliar dari Rp622 miliar.

PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) untuk sports, kids, dan leisure membukukan pertumbuhan pendapatan bersih sebesar 36,6% menjadi Rp3,2 triliun dibanding pada periode tahun sebelumnya Rp2,4 triliun.

Baca juga: Laba Bersih di Semester I-2023 Susut 19,6%, Bos Unilever Indonesia Ungkap Penyebabnya

Selain itu, margin laba kotor (GPM) mengalami peningkatan, mencapai 49,2% dibanding dengan 48,6% pada periode yang sama tahun lalu. 

Laba usaha MAPA tumbuh 29,9% menjadi Rp527 miliar dari Rp406 miliar. EBITDA tumbuh 28,2% menjadi Rp720 miliar dari Rp561 miliar, dan laba bersih melonjak menjadi Rp386 miliar dari Rp307 miliar.

VP Investor Relations, Corporate Communications, and Sustainability of MAP Group Ratih D. Gianda mengatakan, kinerja semester pertama dan kuartal kedua secara konsisten menunjukkan efektivitas model bisnis multi-brand.

Menurutnya, tahun ini merupakan periode Lebaran pertama tanpa pembatasan kegiatan masyarakat, yang ditetapkan sejak awal pandemi Covid- 19, sehingga perusahaan melihat adanya peningkatan momentum di seluruh grup MAP. 

“Setelah periode Lebaran yang sukses, penjualan terus meningkat di bulan Juni, terutama selama masa liburan sekolah. Momentum yang berkelanjutan ini menunjukkan daya tarik dan minat pelanggan terhadap produk dan layanan kami,” jelasnya.

Lanjutnya, pada Juni, MAPI telah menjalin kemitraan secara resmi dengan Frasers Group melalui Sports Direct Malaysia, untuk memperkenalkan dan mengoperasikan Sports Direct di Indonesia. 

Kolaborasi tersebut, kata Ratih, memungkinkan MAPI untuk memanfaatkan kekuatan masing-masing, menciptakan peluang pertumbuhan baru dan meningkatkan pengalaman pelanggan. 

Ke depannya, lanjutnya, fokus utama perusahaan adalah mengoptimalkan sinergi dan menciptakan nilai lebih tinggi dari seluruh bagian MAPI. 

Guna mempertahankan dan meningkatkan momentum positif pada semester kedua tahun ini, MAPI akan memanfaatkan kekuatan portofolio brand, mempercepat pertumbuhan, serta mendorong inovasi melalui platform digital dan kemampuan analisa data. 

“Dengan berakhirnya pembatasan Covid-19, terdapat peningkatan kunjungan pelanggan di gerai. Untuk itu, kami percaya dengan kekuatan model ritel multi- channel yang didukung oleh MAPCLUB sebagai penghubung kami dengan para pelanggan,” pungkasnya. 

Baca juga: Metrodata Electronics (MTDL) Bukukan Laba Bersih Rp272,2 M di Semester I-2023

Berdasarkan data pihaknya, keanggotaan MAPCLUB terus berkembang dari tahun ke tahun, dan kontribusi member terhadap penjualan Grup secara keseluruhan telah menunjukkan pertumbuhan yang substansial. 

Hasil yang telah dicapai tersebut mencerminkan efektivitas keterlibatan langsung dengan pelanggan dan manfaat yang berkelanjutan dari program loyalitas perusahaan yang terus berkembang. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

7 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

7 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

14 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

15 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago