Pasar Modal

Grup Indomobil, Wahana Inti Selaras (WISEL) Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun

Jakarta – PT Wahana Inti Selaras (WISEL) sebagai anak usaha grup Indomobil yang berfokus pada bidang penjualan dan layanan purna jual alat berat akan melakukan Penawaran Umum Obligasi II Wahana Inti Selaras Tahun 2023 untuk mencanangkan modal yang lebih besar.

Dalam Penawaran Umum Obligasi II tersebut, WISEL menargetkan akan menerbitkan sebanyak-banyaknya Rp3 triliun obligasi yang akan dibagi dalam tiga tenor penerbitan, diantaranya adalah tenor 370 hari, tenor tiga tahun dan tenor lima tahun.

“Kisaran tingkat bunga untuk masing-masing seri obligasi dimana obligasi Seri A dengan tenor 370 hari ditawarkan dengan rentang bunga 6,15-7,00% per tahun, Seri B dengan tenor tiga tahun dengan rentang bunga 7,15-8,15% per tahun, Seri C dengan tenor lima tahun dengan rentang bunga 8,15-9,00% per tahun,” ujar Presiden Direktur Wahana Inti Selaras Bambang Prijono di Jakarta, 13 Juli 2023.

Selain itu, obligasi WISEL tersebut telah mendapatkan peringkat rating idA (Single A) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), dan penggunaan dana obligasi akan dialokasikan untuk membiayai modal kerja Perseroan dan lima anak usahanya yaitu PT Indotruck Utama (ITU), PT Indo Traktor Utama (INTRAMA), PT Eka Dharma Jaya Sakti (EDJS), PT Prima Sarana Gemilang (PSG) dan PT Prima sarana Mustika (PSM).

Kemudian, WISEL juga telah menunjuk beberapa Penjamin Pelaksana Emisi untuk penerbitan obligasi ini, yaitu PT Mandiri Sekuritas, PT Aldicitra Sekuritas Indonesia, PT BNI Sekuritas, PT Buana Capital Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia, Tbk. Sedangkan yang bertindak sebagai wali amanat adalah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk.

Baca juga: Mandiri Sekuritas Sebut Pasar Obligasi Lebih Prospektif di 2023

Sehingga berdasarkan keputusan tersebut perkiraan jadwal penawaran umum hingga pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai berikut:

– Izin Publikasi OJK: 11 Juli 2023
– Penawaran Awal: 13–24 Juli 2023
– Target Pernyataan Efektif OJK: 31 Juli 2023
– Periode Penawaran Umum: 2–3 Agustus 2023
– Penjatahan: 4 Agustus 2023
– Distribusi Obligasi: 8 Agustus 2023
– Pencatatan Obligasi di BEI: 9 Agustus 2023

Adapun, dari sisi penjualan, Wisel mengalami peningkatan sebesar 52% pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya penjualan segmen truk dan alat berat sebesar 54,3% dari tahun 2021 ke tahun 2022.

“Salah satu penyebab meningkatnya penjualan truk dan alat berat dikarenakan adanya perluasan area penjualan alat berat Volvo Construction Equipment yang sebelumnya hanya di Jawa, Sumatra, Bali, Nusa Tenggara dan Papua menjadi seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Sedangkan dari segi profitabilitas, segmen dengan tingkat profitabilitas yang paling tinggi adalah segmen jasa, yakni sebesar 53,96%, atau meningkat dari tahun 2021 yang sebelumnya sebesar 45,76%.

Kedepan, Perseroan optimis jika industri Perseroan masih sangat terbuka lebar melihat kondisi sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia serta pembangunan infrastruktur yang sangat pesat. Dengan masih tingginya ruang eksplorasi, Perseroan dapat melakukan diversifikasi bisnis alat berat seperti penyediaan alat berat pelabuhan dan konstruksi yang dapat menjadi penopang pertumbuhan bisnis Perseroan di masa mendatang. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

29 mins ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

37 mins ago

Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Akses KPR dan Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa… Read More

3 hours ago

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

16 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

16 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

16 hours ago