Keuangan

Grup Astra Credit Companies Borong Penghargaan Multifinance Awards 2020

Jakarta – Grup Astra Credit Companies atau disingkat ACC “memborong” beragam kategori penghargaan dalam “Infobank Multifinance Awards 2020”. Penghargaan tersebut, masing-masing didapatkan oleh empat anak perusahaannya, yaitu Astra Sedaya Finance, Swadharma Bhakti Sedaya Finance, Astra Auto Finance, dan Staco Estika Sedaya Finance.

Pertama, penghargaan diraih oleh Astra Sedaya Finance, sebagai perusahaan pembiayaan (multifinance) beraset Rp10 triliun keatas yang berhasil mendapatkan predikat “sangat bagus” dengan total nilai 89,38% dalam rating yang digelar Biro Riset Infobank (birI) atas kinerja keuangan tahun 2019.

Kedua, Swadharma Bhakti Sedaya Finance, meraih total empat trophy sekaligus, yakni sebagai “The Most Efficent Finance Company”, “The Best Performance Finance Company”, kemudian penghargaan sebagai perusahaan pembiayaan beraset Rp10 triliun keatas yang berhasil mendapatkan predikat “sangat bagus” dengan total nilai 98,39%, dan mendapat “Platinum Trophy” karena telah berkomitmen mempertahankan predikat tersebut selama 10 tahun berturut-turut.

Ketiga, Astra Auto Finance mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan pembiayaan beraset Rp1 triliun sampai dengan di bawah Rp5 triliun yang berhasil meraih predikat “sangat bagus” dengan total nilai 86,73%, dan mendapat “Platinum Trophy” atas konsistensinya mempertahankan predikat tersebut selama 10 tahun berturut-turut.

Terakhir, Staco Estika Sedaya Finance mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan pembiayaan beraset Rp100 miliar sampai dengan di bawah Rp500 miliar yang berhasil meraih predikat “sangat bagus” dengan total nilai 89,82% dan mendapat “Golden Trophy” karena telah konsisten mempertahankan predikat tersebut selama 5 tahun berturut-turut.

Sebagai informasi, sebanyak 63 perusahaan pembiayaan berhasil meraih penghargaan “Infobank Multifinance Awards 2020” dari Majalah Infobank. Pemberian penghargaan ke-16 tahun ini dilakukan secara virtual pada ajang “Infobank 16th Multifinance Awards 2020” di Jakarta, Kamis, 27 Agustus 2020.

Penghargaan diberikan berdasarkan “Rating 176 Multifinance Versi Infobank 2020” dari Biro Riset Infobank. Rating didasarkan pada kinerja perusahaan pembiayaan (audited) dua tahun kinerja, yakni tahun 2018 dan 2019.

Dalam rating multifinance ini, Biro Riset Infobank mengelompokkan perusahaan pembiayaan berdasarkan besaran aset. Ada dua pendekatan utama yang digunakan untuk merating 176 perusahaan pembiayaan, yakni pendekatan rasio keuangan penting dan pendekatan pertumbuhan.

Berdasarkan pendekatan tersebut, perusahaan pembiayaan yang berhasil meraih total nilai di 81% ke atas mendapat predikat “Sangat Bagus”. Dari 176 perusahaan pembiayaan, ada 63 perusahaan yang berhasil meraih predikat kinerja “Sangat Bagus”. Ke-63 perusahaan inilah yang dianugerahi penghargaan oleh Majalah Infobank.

Selain penghargaan “Infobank Multifinance Awards 2020”, ada 14 perusahaan multifinance yang berhasil meraih “Infobank Golden Trophy 2020”, 10 perusahaan meraih “Infobank Platinum Trophy 2020”, dan 4 perusahaan meraih “Infobank Titanium Trophy 2020”. “Golden Trophy” diberikan kepada perusahaan pembiayaan yang berhasil meraih predikat “Sangat Bagus” selama lima tahun berturut-turut (2015 – 2019). “Platinum Trophy” diberikan kepada perusahaan pembiayaan yang berhasil meraih predikat “Sangat Bagus” selama 10 tahun berturut-turut (2010 – 2019). “Titanium Trophy” diberikan kepada perusahaan pembiayaan yang berhasil meraih predikat “Sangat Bagus” selama 15 tahun berturut-turut (2005 – 2019).

Selain itu, Majalah Infobank juga memberikan “Infobank Special Awards 2020” kepada 11 perusahaan pembiayaan yang dinilai berhasil meraih prestasi khusus sesuai kategori tertentu. (*) Ayu Utami

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Dharma Polimetal (DRMA) Sukses Bukukan Penjualan Rp4 Triliun di Kuartal III-2024

Jakarta – PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), emiten terkemuka dalam manufaktur komponen otomotif di Indonesia,… Read More

1 hour ago

Tingkatkan Layanan Digital, Bank Banten Hadirkan Fitur Pembayaran QRIS di Jawara Mobile

Tangerang – PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk terus meningkatkan fitur di aplikasi mobile banking,… Read More

2 hours ago

Perbaiki Tata Kelola, Pembiayaan KB Bukopin Finance Melonjak 193,99 Persen per September 2024

Jakarta – Upaya perbaikan yang dilakukan KB Bukopin Finance (KBBF) selama dua tahun terakhir berbuah… Read More

2 hours ago

Legislator Sebut Pertamina Mampu Dukung Swasembada Energi, Ini Alasannya

Jakarta - Anggota Komisi XII DPR Eddy Soeparno optimistis Pertamina mampu mendukung upaya Pemerintahan Prabowo… Read More

3 hours ago

Selamatkan Sritex! Prabowo Perintahkan Empat Menteri “Turun Gunung”

Jakarta - Presiden Prabowo Subianto memerintahkan empat menteri Kabinet Merah Putih 'turun gunung' untuk mengkaji… Read More

4 hours ago

Gojek Tingkatkan Literasi Keuangan Mitra, Tekankan Bahaya Judi Online

Jakarta - Platform transportasi online, Gojek sebagai bagian dari grup PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk… Read More

19 hours ago