Gerbang Mahligai Pesisir Diharap Dongkrak Destinasi Wisata dan Perekonomian

Gerbang Mahligai Pesisir Diharap Dongkrak Destinasi Wisata dan Perekonomian

Gerbang Mahligai Pesisir Diharap Dongkrak Destinasi Wisata dan Perekonomian
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Singkawang – Didukung oleh tiga unit bisnis Astra Financial (FIFGROUP, Asuransi Astra, dan AstraPay), Pemerintah Daerah (Pemda) Singkawang dan Sambas meresmikan pintu Mahligai Pesisir sebagai gerbang pembatas. Bangunan yang diresmikan Minggu, 27 November 2022 itu kelihatan kokoh dan kuat memanjang, bila dilihat dari atas, seolah membelah jalan raya Ratu Sepudak. Selain itu, pancaran warna emasnya sangat khas, memperkuat jalinan budaya dua kota di sisi kiri dan kanannya. 

Suparno Djasmin selaku Director in Charge Astra Financial mengungkapkan harapannya bahwa Mahligai Pesisir semoga bisa memberikan dampak luas bagi masyarakat, bukan hanya sebagai simbol pemersatu, namun juga pendongkrak perekonomian Kalimantan Barat melalui sektor pariwisata.

“Pembangunan gerbang Mahligai Pesisir ini merupakan momen bersejarah bagi daerah Singkawang-Sambas. Kami berharap gerbang ini tidak hanya menjadi pembatas wilayah, namun juga dapat menjadi lambang kelestarian budaya dari kebersamaan Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas, serta membawa manfaat dari segi perekonomian dengan menjadi destinasi wisata,” kata Suparno, dikutip 28 November 2022.

Pembangunan pintu gerbang Mahligai Pesisir ini memakan waktu sembilan bulan, sejak peletakan batu pertama 27 Februari 2022 hingga peresmian tanggal 27 November 2022. Lama waktunya, dianalogikan seperti usia bayi di kandungan seorang ibu.

Pada kesempatan yang sama, Suparno Djasmin yang juga sebagai Presiden Indonesia Marketing Assosiation (IMA) turut bertemu dengan para pengurus IMA Chapter Singkawang.  

Presiden IMA Chapter Singkawang Aloysius S Utaya memperkenalkan berbagai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dibina oleh IMA Chapter Singkawang, antara lain jahe merah, temulawak kunyit, minum herbal, dan berbagai model tas dari kayu daur ulang, di mana saat ini sedang mencari pasar.

“IMA sebagai organisasi profesional di Indonesia yang terdiri dari kalangan swasta, akademisi, dan pemerintah akan terus berjuang untuk memajukan UMKM di Indonesia untuk Indonesia lebih baik,” jelas Suparno. 

Hingga saat ini, IMA telah memiliki lebih dari 3.000 anggota dari 88 chapter yang ada di seluruh Indonesia. Dan tengah digalakkan terus untuk meningkatkan pemasaran UMKM Indonesia.

Sementara itu, Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan Astra Financial terhadap terwujudnya pembangungan Mahligai Pesisir. Baginya, Astra Group telah berjasa besar dalam pengembangan ekonomi masyarakat Singkawang selama ini. 

“Terima kasih atas dukungan dari Astra Financial melalui 3 business unitnya, FIFGROUP, Asuransi Astra, dan AstraPay dalam pembangunan salah satu dari 3 gerbang kota Singkawang, yaitu gerbang Mahligai Pesisir. Terima kasih juga atas kehadiran Grup Astra, termasuk Astra Financial, di kota Singkawang dengan berbagai jejak yang ditorehkan mulai dari Kampung Berseri Astra, Bakti Sosial Nurani Astra, dan Desa Sejahtera Astra, yang sangat membantu perekonomian warga Singkawang. Juga berbagai bantuan saat covid seperti ventilator, sembako, dan pemberian kurban. Tidak hanya itu, penanaman pohon serta revitalisasi Taman Cahaya Madani pun, Astra turut hadir,” tambah Chui Mie. 

Bupati Sambas Satono dalam sambutannya juga mengatakan bahwa arsitektur gerbang ini melambangkan budaya Melayu Sambas sekaligus memuji kelihaian Walikota Singkawang melobby Astra untuk mendukung pembangunan Mahligai Pesisir dan mendoakan yang terbaik untuk Grup Astra. (*) Steven Widjaja
 

Related Posts

No Content Available

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]