Ekonomi dan Bisnis

Genjot Produksi Migas, PHE OSES Bersiap Bor Sumur Anyar

Jakarta – PHE OSES aktif melakukan pelbagai inisiatif demi penguatan keandalan fasilitas operasi dan penambahan produksi migas. Hal ini dilakukan sejak mengambil alih pengelolaan Wilayah Kerja (WK) Offshore South East Sumatera dari perusahaan migas CNOOC pada 2018.

Pada 2023 misalnya, PHE OSES menuntaskan penggantian jalur pipa utama yang menghubungkan anjungan lepas pantai, antara lain jalur pipa di Anjungan Krisna P ke Anjungan Cinta P1 sepanjang 30 kilometer. 

Pekerjaan penggantian instalasi jaringan pipa lainnya, di antaranya meliputi Anjungan Sundari-A ke Anjungan Yvone-A sepanjang 6,5 kilometer, serta dari Anjungan Karmila-A ke Anjungan Titi-A dan dari Anjungan Titi-A ke Anjungan Zelda PC sejauh masing-masing 11,5 dan 3,5 kilometer. Total penggantian jalur pipa yang rampung mencapai 51,5 kilometer.  

Baca juga : Lestarikan Ekosistem Laut, PHE OSES Transplantasi Terumbu Karang dan Mangrove di Kepulauan Seribu

Selain instalasi jalur pipa, PHE OSES juga melakukan penggantian segmen jalur pipa di dua wilayah, dari Wanda B ke Wanda A, dan dari Pabelokan ke Rama F. Sedangkan penggantian pipa riser dilakukan pada delapan jalur. 

“Semua program penggantian pipa ini guna mendukung produksi migas nasional,” kata General Manager PHE OSES Antonius Dwi Arinto, dikutip Selasa, 15 Oktober 2024.

Ia menjelaskan, mengelola wilayah kerja seluas 5.851 kilometer persegi, yang membentang dari perairan utara Kepulauan Seribu hingga Lampung, memberikan tantangan tersendiri bagi PHE OSES.

Tahun ini, PHE OSES mengupayakan strategi pengeboran untuk mencapai target produksi, yang meliputi target pengeboran sumur pengembangan baru di perairan Lampung.

Baca juga : Sayonara FSO Arco Ardjuna, Pensiunnya Kapal Minyak Tertua di Dunia milik Pertamina

“Selain genjot produksi minyak dan gas dari Anjungan Cinta, mulai pertengahan Oktober ini, kami menjadwalkan pengeboran Sumur Ambar-4 di perairan Lampung, atau sekitar 150 kilometer dari pesisir utara Jakarta. Sumur Ambar-4 ini berpotensi memiliki sumberdaya hidrokarbon sebesar 41,42 juta barel minyak. Harapan kami, sumur ini dapat berproduksi pada 2029,” ungkap Anton.

Sementara itu, aktivitas pengeboran juga direncanakan pada awal 2025. “PHE OSES juga akan melakukan pengeboran Sumur Widuri, awal tahun depan,” tambah Anton. 

Sumur Widuri berlokasi di area North Business Unit. Potensi kenaikan kinerja produksi dari Sumur Widuri diperkirakan sebesar 875 barel minyak per hari (BOPD).

Hingga kuartal tiga tahun 2024, kinerja year-to-date PHE OSES adalah 19,2 ribu barel minyak per hari (MBOPD) dan gas sebesar 35,3 juta standar kaki kubik (MMSCFD). 

Angka produksi ini berasal dari pengeboran sumur pengembangan sebanyak 6 sumur, pekerjaan work over sumur minyak sebanyak 3 sumur, pekerjaan convert-to-injector sebanyak 1 sumur, dan pekerjaan well service sebanyak 132 sumur. (*)

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

BTN Klaim Sudah Sepakati Harga Akusisi Calon Bank Syariah

Jakarta – Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), Nixon LP Napitupulu buka suara… Read More

43 mins ago

Dipanggil Prabowo, Raffi Ahmad Ahmad Blak-blakan Dapat Tugas Ini

Jakarta - Selebriti Raffi Ahmad telah berbincang-bincang dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta… Read More

59 mins ago

Media Asing Soroti Sri Mulyani yang Ditunjuk Jadi Menkeu Lagi di Kabinet Prabowo

Jakarta – Kabar masuknya Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan di kabinet Prabowo-Gibran rupanya mendapat sorotan… Read More

2 hours ago

Trio Wamenkeu Kabinet Prabowo: Thomas Djiwandono, Suahasil Nazara dan Anggito Abimanyu

Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Thomas Djiwandono turut dipanggil Presiden Terpilih Prabowo Subianto di… Read More

2 hours ago

BUMN Harus Agile, Dua Hal Ini Menjadi Fokus Pengembangan SDM

Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong segenap karyawan perusahaan pelat merah untuk… Read More

2 hours ago

Soal Pencalonan Herindra jadi Kepala BIN, Jokowi Sudah Bicarakan dengan Prabowo

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membicarakan ihwal pencalonan Letjen (Purn) Muhammad Herindra sebagai… Read More

2 hours ago