Ekonomi dan Bisnis

Genjot Pasar Eksternal, Infomedia Luncurkan Layanan Terbaru RDMS

Bogor – PT Infomedia Nusantara (Infomedia), subsidiary dari PT Telkom Indonesia, Tbk (TLK) terus menggenjot pangsa pasar eksternal yang saat ini tumbuh sebesar 60 persen. Pelbagai layanan berbasis teknologi digital pun gencar dihadirkan untuk menarik lebih besar konsumen.

“Saat ini customer kita hampir 60 persen, sementara Telkom Grup di angka 40 persen. Sesuai dengan arahan dari Telkom harus lebih agresif lagi menggarap pasar eksternal,” kata Direktur Utama Infomedia Eddy Sofryano di Ciawi, Bogor.

Sejak diakuisi Telkom pada awal 2000, Infomedia bertansformasi dan mengembangkan dua portofolio bisnis utama, yaitu CRM dan Shared Service Operation (SSO). Sehingga, saat ini Infomedia telah menjadi perusahaan yang fokus pada Business Prosess Outsourcing (BPO).

Infomedia sendiri berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp3,7 Triliun pada 2022. Jumlah ini, berkontribusi sekitar 3,8% dari total pendapatan Telkom pada 2022 yang sebesar Rp147,3 Triliun.

Baca juga: Infomedia Incar Pasar Enterprise dengan Digital CRM 

Terbaru, Infomedia meluncurkan layanan ProVue – Record Document Management System (RDMS)  yang dirancang menjadi solusi tepat bagi perusahaan dalam mengelola dokumen fisik dan digital yang bersifat aktif maupun pasif dalam satu platform terintegrasi. 

“Layanan ini melengkapi solusi back end process yang diusung Infomedia sebagai salah satu layanan utama kepada pelanggan,” jelasnya.

Kehadiran layanan satu ini diharapkan mampu menargetkan prosentase sebesar 75 persen dalam dua tahun ke depan. “Target kita dalam dua tahun ke depan jumlahnya bisa naik menjadi 70%-75% ,” terangnya.

Dalam praktiknya, ProVue-RDMS mengelola dokumen fisik (Physical Record) yang meliputi pemilahan, penataan, penyimpanan serta perawatan arsip, juga pengelolaan dokumen secara digital (Digital Record) seperti alih media dan digital filing platform. 

“Untuk waktu proses yang sifatnya dokumen fisik bisa memakan waktu sampai dengan 3 hari sedangkan untuk proses dokumen digital bisa lebih cepat karena langsung masuk ke storage kita, “ bebernya.

Optimalkan Digitalisasi untuk Tata Kelola Perusahaan 

Sebagai mitra yang akan bersinergi penuh, Infomedia fokus terhadap pelibatan teknologi digital seperti penggunaan computer vision berbasis Artificial Intelligent (AI) dan penggunaan drone untuk memantau kesesuaian dokumen pada tempatnya serta kebutuhan stock opname dokumen. 

Teknologi security system dengan face recognition juga diterapkan untuk menjaga keamanan gedung dan dokumen tetap terpantau dengan baik. Mobilisasi dokumen bergerak akan terpantau keamanannya melalui vehicle tracking yang terpasang pada kendaraan pengangkut dokumen dan dapat dipantau secara realtime. 

Adapun faktor transparansi dan akuntabilitas terjaga dengan dukungan dashboard pada aplikasi yang dapat diakses melalui website dan mobile. Aplikasi ini menampilkan history proses saat penyimpanan dan pengambilan dokumen secara realtime mulai dari proses order hingga monitoring, alih media dan digital filing platform. 

Di sisi lain, mengusung digitalisasi dalam layanan RDMS ini merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam berkontribusi terhadap lingkungan. Tidak dapat dipungkiri, banyaknya dokumen dalam bentuk fisik terkadang sulit dikelola dengan baik oleh perusahaan. 

Baca juga: Strategi Infomedia Hadapi Tren Pasar di Era Teknologi yang Terus Berkembang

Melalui Document Management System yang terekam dengan baik secara digital, perusahaan dapat menekan biaya operasional dalam pengelolaan dokumen, mengurangi jumlah penggunaan kertas sekaligus mempercepat akses ke dokumen yang diperlukan dan mempercepat aliran distribusi kepada pihak yang membutuhkan. 

Direktur Grup Business Development Telkom Honesti Basyir mengatakan, saat ini Telkom Group terus bertransformasi, dan Infomedia menjadi bagian penting dalam melakukan digitalisasi BPO sebagai core bisnisnya. 

“Dengan adanya RDMS ini, Infomedia akan memperkuat positioning perusahaan sebagai Digital BPO player terdepan di Indonesia dan mampu mendukung Telkom Group sekaligus mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.” pungkasnya.

RDMS bekerjasama dengan mitra-mitra terdepan dalam pengelolaan dokumen dan teknologi terkini serta berkomitmen untuk kerap berinovasi dalam mewujudkan pelayanan digital secara end to end untuk mendukung visi Indonesia Digital 2045. (*)

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

5 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

6 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

19 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

20 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

20 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

20 hours ago