Keuangan

Genjot Literasi Keuangan, Panin Dai-ichi Life Harap Masyarakat Sadar Asuransi

Jakarta – PT Panin Dai-ichi Life sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa, turut serta dalam meningkatkan literasi keuangan khususnya terkait dengan asuransi kepada masyarakat sebagai bagian dari rangkaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023, pada Jumat (9/6).

Kegiatan tersebut dipicu oleh data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menunjukan bahwa tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia untuk perasuransian masih berada pada angka 31,72%, lebih rendah jika dibandingkan dengan tingkat literasi keuangan nasional sebesar 49,68%.

Secara terpisah Presiden Direktur Panin Dai-ichi Life, Fadjar Gunawan mengatakan bahwa, peningkatan pemahaman dan literasi keuangan adalah bagian dari langkah aktif perusahaan agar masyarakat mampu memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa asuransi yang sesuai kebutuhan.

“Sehingga masyarakat akan memiliki kemampuan dalam melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik. Demikian pula dengan kegiatan literasi keuangan seperti ini, kami ingin agar masyarakat memahami bahwa pada dasarnya asuransi jiwa berfungsi sebagai proteksi atau perlindungan, baik untuk jiwa maupun kesehatan,” ucap Fadjar dikutip, 13 Juni 2023.

Dalam menggelar kegiatan tersebut, Panin Dai-ichi Life bekerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Citra Binar Rahma di Jakarta Barat, dimana menyasar kalangan para orang tua dan wali murid untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kegiatan tersebut, juga sejalan dengan program literasi dan inklusi keuangan yang dilakukan oleh OJK secara masif, mulai dari tatap muka atau offline, maupun daring atau online melalui learning management system (LMS) dan media sosial.

Adapun, Sikapi Uangmu, sebagai saluran media komunikasi berupa minisite dan aplikasi yang khusus menginformasikan konten terkait edukasi keuangan kepada masyarakat secara digital, telah memublikasikan konten edukasi keuangan sebanyak 174 konten, dengan jumlah pengunjung sebanyak 917.343 viewers per 31 Mei 2023.

Sehingga, per 31 Mei 2023, OJK telah melaksanakan 812 kegiatan edukasi keuangan yang menjangkau 162.528 orang peserta secara nasional, dimana terdapat 19.671 pengguna LMSKU OJK per 31 Mei 2023, dengan akses terhadap modul sebanyak 21.014 kali akses dan penerbitan 15.995 sertifikat kelulusan modul. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Jangan Mau Ketinggalan! wondr by BNI Punya 3 Fitur Keren Bantu Optimalkan Keuangan

Jakarta - Perkembangan industri kreatif di Indonesia, khususnya di sektor musik, terus menunjukkan potensi besar… Read More

11 mins ago

Rayakan HUT Ke-26, Bank Mandiri Gelar Pasar Murah di 260 Titik di Seluruh Indonesia

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi memotong tumpeng disaksikan jajaran komisaris dan direksi saat seremoni… Read More

12 mins ago

BI Luncurkan Kalkulator Hijau, Permudah Industri Hitung Emisi Karbon

Jakarta - Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi meluncurkan aplikasi Kalkulator… Read More

21 mins ago

BI Ungkap 3 Tantangan Besar Hantui Stabilitas Sistem Keuangan

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengungkapkan sejumlah tantangan yang akan dihadapi dalam menjaga stabilitas sistem keuangan (SSK),… Read More

3 hours ago

IHSG Sesi I Lanjut Melemah 0,93 Persen ke Level 7.571

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (2/10) kembali… Read More

3 hours ago

Melonjak Tajam, Harga Emas Antam per Gram Tembus Segini!

Jakarta - Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam pada hari… Read More

4 hours ago