Perbankan

Genjot Kredit, Bank Jago Perkuat Kolaborasi dengan Mitra Bisnis

Jakarta – Sejatinya, fungsi utama perbankan hanya tiga, yakni menyimpan dana (saving), memindahkan dana (payment dan transfer) dan menyalurkan kembali dana menjadi kredit. Untuk menjalankan ketiga prinsip dasar ini, tentunya bank memiliki strategi yang berbeda.

Di masa lalu, bank memperluas layanan nasabah dengan membangun jaringan kantor cabang dan mesin ATM. Mulai dari tingkat kantor wilayah, provinsi hingga kecamatan. Semua layanan nasabah nyaris dikerjakan sendiri. 

Strategi brick and mortar ini tentu berimplikasi pada tingginya jumlah karyawan dan biaya operasional. Dengan konteks seperti itu, bank kecil menengah bakal sulit mensejajarkan diri, apalagi ikut berkompetisi. Butuh investasi dan modal besar untuk meningkatkan skala bisnis agar bisa ikut menggerakkan ekonomi. 

“Situasi mulai berubah drastis ketika adopsi teknologi di industri jasa keuangan berlangsung massif. Munculnya berbagai platform digital menjadi katalis lahirnya kolaborasi yang unik antara aplikasi dan bank,” kata Andy Djiwandono, Head of Sustainability & Digital Lending Bank Jago, dalam forum diskusi di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis, 20 Juli.  

Baca juga: Pemerintah Hapus Kredit Macet UMKM, Begini Kata Bank Spesialis UMKM

Andy menjelaskan, adopsi teknologi dan menjamurnya platform digital memampukan bank kecil memperluas pangsa pasar tanpa harus bangun ratusan kantor cabang dan rekrut ribuan tenaga kerja. Bank kecil tidak perlu mengikuti peta jalan bank besar untuk menjadi besar. 

“Kuncinya terletak pada kolaborasi dan kemampuan bank tertanam dalam suatu ekosistem. Fungsi dasar sebuah bank tetap bisa dijalankan secara minimalis berkat teknologi dan dukungan ekosistem,” katanya.

Bank Jago Kolaborasi dengan Mitra Bisnis

Berbekal prinsip itu, Andy menegaskan, Bank Jago saat ini memilih strategi penyaluran kredit melalui kolaborasi (partnership lending) dengan berbagai mitra (partner), seperti ekosistem dan platform digital, perusahaan financial technology (fintech), multifinance, dan lembaga keuangan lainnya. 

“Inilah cara kami dalam berkontribusi menggerakkan ekonomi. Kami melihat kolaborasi adalah cara yang efektif untuk membantu memberikan pembiayaan kepada nasabah secara cepat dengan risiko terukur,” katanya.

Saat ini, Bank Jago berkolaborasi dengan PT BFI Finance Tbk (BFIN), salah satu multifinance terkemuka. Kedua institusi ini baru saja melakukan kerjasama pembiayaan (joint financing) senilai Rp2 triliun. 

“Bank Jago memberikan fasilitas pendanaan ke BFI dalam bentuk joint-financing dan term loan, itu nilainya cukup besar,” kata Direktur BFIN Sudjono dalam acara Emiten Talk yang dihelat Stockbit Sekuritas, Jumat (14/7/2023) lalu. 

Selain kerja sama pembiayaan, BFIN dan Bank Jago juga menjajaki berbagai peluang kolaborasi lain yang saling menguntungkan. Antara lain kemudahan dalam hal pembukaan rekening. 

“Nasabah BFI yang belum memiliki rekening nantinya juga bisa membuka rekening secara langsung lewat aplikasi Bank Jago,” imbuhnya dalam acara yang sama.

Jauh sebelum BFIN, Bank Jago sudah lebih dulu berkolaborasi dengan ekosistem GOTO melalui integrasi aplikasi. Kerjasama ini akan terus diperluas sejalan dengan meningkatnya kebutuhan pengguna. Partner strategis lainnya dengan aplikasi reksadana onliine Bibit.ID dan Stockbit.

Baca juga: Penyaluran Kedit Baru Perbankan Melambat di Juni 2023 Karena Faktor Ini

Berkat strategi penyaluran kredit melalui kolaborasi, sampai kuartal I-2023, penyaluran kredit Bank Jago mencapai Rp 10,84 triliun, tumbuh 76% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp6,15 triliun. 

“Kami juga melihat kebutuhan pembiayaan masih besar dan terdapat segmen yang belum terlayani. Maka itu, kami sedang mengkaji dan mengembangkan produk/layanan pembiayaan berbasis aplikasi,” tutup Andy. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

12 hours ago

Lewat Cara Ini, Bank Sampoerna Perkuat Literasi Keuangan Gen Z

Jakarta - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menggelar event literasi keuangan bertajuk “Sampoerna High… Read More

14 hours ago

32.055 Tiket Maroon 5 Live in Jakarta Ludes Terjual di Livin’ by Mandiri

Jakarta - Official Banking Partner konser Maroon 5 di Jakarta, Bank Mandiri berhasil melayani penjualan… Read More

14 hours ago

Perkuat Positioning di Pasar Motor Listrik, UNTD Luncurkan Merek Baru Avand E-Motor

Jakarta – PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD), produsen sepeda dan motor listrik terus memperkuat… Read More

2 days ago

CIMB Niaga Targetkan 10 Juta Nasabah di 2025, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menargetkan pertumbuhan total jumlah nasabah sebesar… Read More

2 days ago

CIMB Niaga Apresiasi Nasabah dengan XTRA XPO 2024

Pengunjung tengah memadati acara CIMB Niaga XTRA XPO, yg digelar di Jakarta. Direktur Consumer Banking… Read More

2 days ago