Genjot Inovasi Layanan, BTN Sinergi dengan Google Cloud dan Multipolar Technology

Genjot Inovasi Layanan, BTN Sinergi dengan Google Cloud dan Multipolar Technology

BTN
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank Tabungan Negara (BTN) terus melakukan inovasi layanan digital untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan memberikan kenyamanan kepada nasabah dalam bertransaksi. Untuk mewujudkan hal tersebut, Bank BTN sebagai bank dengan pangsa pasar KPR terbesar di Indonesia, secara resmi menjalin kolaborasi dalam penerapan Teknologi Komputasi Cloud dengan Google Cloud melalui partner lokalnya, Multipolar Technology.

“Kolaborasi ini telah berjalan sejak kuartal 1 tahun 2022, dalam rangka mempercepat transformasi dan pemutakhiran layanan digital untuk mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” ujar Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto saat penandatanganan kerja sama antara Bank BTN dengan Google Cloud Indonesia di Jakarta, Selasa, 23 Agustus 2022.

Menurut Andi Nirwoto, teknologi cloud mampu memberikan keunggulan berupa keandalan teknologi digital pada perusahaan sesuai dengan yang dibutuhkan, yang pada akhirnya meningkatkan daya saing serta kemampuan memberikan layanan yang lebih baik kepada para pelanggan, khususnya dalam upaya menjaring generasi milenial.

“Kami memahami tidak hanya diperlukan tekad yang kuat dan kerja keras yang nyata, tetapi juga pentingnya kolaborasi dengan penyedia teknologi inovasi yang tepat sambil tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, agar BTN dapat selalu yang terdepan dalam menyediakan layanan modern dan inovasi digital yang terpercaya,” tuturnya.

Andi menambahkan, untuk mewujudkan cita-cita Bank BTN menjadi The Best Mortgage Bank in Southeast Asia di tahun 2025, Perseroan perlu melakukan ekspansi yang cepat dan modernisasi proses bisnis. Untuk itu, digitalisasi bukan lagi pilihan tetapi keharusan, dan hal tersebut akan lebih mudah direalisasikan melalui teknologi informasi berbasis Cloud, meskipun ini mulai dari yang simpel dan tidak besar.

“Kolaborasi dengan Google Cloud, adalah langkah penting bagi BTN menjadi inovator dalam layanan digital, transformasi digital yang lebih cepat, pengelolaan operasional yang lebih andal, dan biaya investasi yang relatif lebih baik. Yang juga tidak kalah penting adalah untuk menarik talenta-talenta terbaik Indonesia dari generasi milenial dengan pemanfaatan teknologi terkini,” tambah Andi.

Meskipun demikian, BTN akan tetap terbuka untuk kolaborasi dengan partner lain sesuai dengan value dari pemanfaatan Cloud Computing.

Megawaty Khie, Country Director, Google Cloud Indonesia mengatakan, Google Cloud telah berinvestasi dalam infrastruktur dan layanan cloud lokal yang terbuka, skalabel, aman, dan berkelanjutan untuk memungkinkan perusahaan di industri yang sangat diatur seperti layanan keuangan untuk mempercepat inovasi dan memberikan pengalaman menarik ke generasi baru pengguna, sekaligus memenuhi persyaratan peraturan dan kepatuhan.

“Dengan bank-bank di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, berencana untuk melipatgandakan penggunaan cloud mereka pada tahun 2025, kami bangga bahwa banyak yang telah memilih Google Cloud untuk mengatasi tantangan transformasi bisnis mereka yang paling kompleks,” ujarnya.

Pihaknya merasa terhormat BTN telah memilih Google Cloud sebagai penyedia layanan cloud terpercaya pilihan mereka. “Bersama dengan mitra kami Multipolar Technology, kami berkomitmen untuk membantu BTN mencapai efisiensi operasional baru dan memenuhi harapan konsumen digital untuk layanan perbankan yang selalu aktif, personal, sederhana, dan aman,” paparnya.

Menurutnya, dengan menerapkan perlindungan internal dan modern yang sama yang digunakan Google untuk mengamankan aplikasi dan datanya sendiri pada skala global, BTN akan mendapatkan keuntungan dari tingkat keamanan yang lebih tinggi yang hanya dapat dibangun oleh beberapa organisasi sendiri. “Sehingga memungkinkan pelanggan mereka untuk melakukan transaksi bank dengan aman, dan dengan memberikan Peace of Mind, Security, dan Compliance,” tambah Khie.

Direktur Account Management FSI & Commercial Multipolar Technology, Herryyanto menambahkan, sesuai roadmap pengembangan perbankan Indonesia 2020-2025 dari OJK, salah satu inisiatifnya terkait teknologi informasi perbankan adalah pemanfaatan Cloud sebagai “Game Changer”. Pengalaman Multipolar Technology sebagai penyedia solusi teknologi informasi sejak 1975 dengan salah satu fokus di industri perbankan, dapat menjadi nilai tambah bagi implementasi layanan Google Cloud di tanah air.

Baca juga : Gandeng Gred Group, BTN Guyur Kredit 6.771 Unit Rumah 

“Multipolar Technology sangat mendukung inisiatif BTN untuk menjadi bank dengan inovasi dalam layanan digital yang modern. Kami yakin dengan penerapan teknologi Cloud, akan semakin memajukan langkah BTN untuk menghadapi market yang sangat dinamis, bervariasi, dan memiliki banyak tantangan baru. Dengan kolaborasi bersama Google Cloud, BTN akan memperoleh world class best practice, yang didukung mitra lokal yang berpengalaman,” tutup Herryyanto. (*) Ari Nugraha

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]