Genjot Ekspor UMKM, BRI Gelar UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022

Genjot Ekspor UMKM, BRI Gelar UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022

Genjot Ekspor UMKM, BRI Gelar UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) kembali menyelenggarakan BRI UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022. Lewat kegiatan ini, BRI terus memperkuat komitmennya untuk membawa UMKM Indonesia go global melalui UMKM EXPO(RT) 2022.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, bahwa UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur merupakan inisiatif BRI untuk memperkenalkan keunikan UMKM dan produknya yang memiliki daya saing tinggi. Hal ini selaras dengan tema UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur yang dibawa tahun ini dengan mengusung tema “Brings MSMEs Indonesia to the World”.

“UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan agar dapat melakukan ekspor dan masuk pasar internasional karena UMKM saat ini merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Program UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur menjadi salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. BRI melihat adanya peluang besar bagi produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain,” ujar Sunarso, Jumat, 2 Desember 2022.

Terdapat 500 UMKM pilihan terpilih yang siap memperlihatkan keunikan, kualitas, dan kisah dibalik produk, bahan baku serta material ramah lingkungan, hingga pemberdayaan masyarakat pada proses produksi yang beragam kepada audience nasional hingga buyer internasional dari 19 negara.

Sementara itu, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto menyampaikan bahwa pemberdayaan yang selama ini dilakukan BRI semakin mendorong antusiasme pelaku UMKM untuk menembus pasar global.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah pendaftar UMKM dalam BRILianpreneur 2022 yang meningkat signifikan 126% yoy. Tidak hanya itu, semangat untuk go globaljuga semakin menyebar di berbagai wilayah di Indonesia, sebagaimana tampak dari asal kota yang berpartisipasi dalam UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur yang melesat 113% yoy.

Kemudian, sebanyak 1.189 UMKM binaan BRI dan 128 UMKM terpilih yang berasal dari komunitas, lembaga dan kementerian terkait, yang telah mendaftar sebagai peserta kurasi UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022 hingga terpilih 500 pelaku UMKM.

Oleh karena itu, Amam menegaskan BRI senantiasa memperkuat pemberdayaan melalui berbagai pelatihan, pendampingan, hingga dukungan pembiayaan.

“Untuk mendukung merealisasikan penjualan UMKM secara go global, selain kami kini memiliki 6 kantor di luar negeri yang sudah bekerjasama dengan 1.200 bank, kami juga tentunya membekali UMKM dengan berbagai pelatihan yang telah diselenggarakan sebelum business matching dilaksanakan. Kami harapkan terjalin komitmen pembelian produk UMKM sehingga dapat memperluas akses pasar global,” tegasnya.

Sebagai informasi, BRI UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022 berlangsung pada 1-31 Desember 2022. Acara ini menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT BRI ke-127 dan puncaknya UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022 akan diselenggarakan secara offline pada 14-18 Desember 2022 di Jakarta Convention Center (JCC). (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]