Tips & Trick

Gen Z Wajib Tahu, Ini Tips Diterima Kerja di Pertamina, Dijamin Lolos!

Jakarta – Bisa berkarier di perusahaan bonafide menjadi impian semua orang, terlebih bagi generasi sekarang atau Generasi Z (Gen Z) yang baru lulus kuliah (fresh graduate). Bukan perkara mudah bagi mereka untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Selain minim pengalaman, pelbagai tahapan tes sulit pun menjadi batu sandungan calon pelamar. Namun, semua kesulitan tersebut bisa disiasati dengan mengetahui trik dan tips diterima kerja yang diberikan langsung oleh Pertamina.

Sr. Officer Talent Acquisition & Learning Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa, Pradina Ayu Anggraini menjelaskan, peluang mahasiswa memasuki dunia kerja, khususnya di Pertamina terbuka luas.

“Perusahaan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi lulusan SMA/SMK, diploma, sarjana sampai pekerja berpengalaman yang sudah memulai karier di tempat lain,” katanya dalam acara talk show “Build Your Career in Oil & Gas Industry” di Gedung Robotics Center Insititut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, beberapa waktu lalu.

Baca juga : Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Menurutnya, mekanisme pencarian calon karyawan pun beragam, mulai dari rekrutmen terbuka, job fair, rekrutmen kolaborasi dengan universitas, serta perusahaan penyedia data tenaga kerja yang profesional.

Strategi dan Tips Diterima Kerja di Pertamina

Officer Human Capital Business Partner Shinta Devi Puspitasari membeberkan, curriculum vitae (CV) dan portofolio menjadi acuan utama dalam menyeleksi kompetensi para kandidat. 

“Sikap yang ditunjukkan saat wawancara juga menjadi poin utama dalam rekrutmen,” jelasnya.

Adapun, VP Business Support Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa, Mira Tripuspita buka-bukaan trik yang bisa disiapkan mahasiswa sejak di bangku kuliah. 

“Perbanyak pengalaman dan aktivitas di luar kelas akademis. Ikuti organisasi dan kompetisi agar terlatih dalam menghadapi dinamika dan tantangan,” bebernya.

Mira menambahkan, penting memahami seluk beluk perusahaan yang dilamar. 

“Kemampuan berkomunikasi yang baik, memiliki adab, tunjukkan keinginan kuat atau ketertarikan tinggi untuk bekerja, dan tentu saja menyiapkan kompetensi yang menunjang posisi yang diincar menjadi kunci keberhasilan para pelamar,” paparnya.

Baca juga : Ini Link Daftar Nama Peserta yang Lolos Seleksi Administrasi CPNS Kemensetneg dan Setkab

Persiapan maksimal wajib disiapkan, karena persaingan saat rekrutmen sangat sengit. Pasalnya, pada tahun 2023 tercatat ada 36 ribu pendaftar di Pertamina Hulu Energi, anak perusahaan Pertamina yang mengelola sektor hulu migas. Namun hanya 100 pelamar yang berhasil lolos.

Persaingan tidak berhenti sampai di rekrutmen saja. Setelah memasuki dunia kerja, karyawan perlu membuktikan kualitasnya dalam mencapai target perusahaan. 

”Pribadi dengan wawasan luas, sikap yang baik, ditambah kompetensi yang mumpuni, kelak bisa membawa karyawan menuju kesuksesan. Sukses itu tidak instan, namun perjalanan yang harus dibangun,” pesan Agus.

Bagaimana cara meningkatkan karier?

Salah satu peserta, Pangestu, mahasiswa ITS Surabaya mengajukan pertanyaan tips membangun jenjang karier sesuai kapasitas individu. Ia ingin tahu bagaimana karier seseorang dapat terus naik dengan tantangan yang juga terus berkembang.

Menjawab itu, Agus menyampaikan bahwa pada prinsipnya, konsistensi dalam mengasah kemampuan dan komitmen menjaga integritas harus terus dijaga. 

”Tak hanya kompetensi teknis. Namun jiwa kepemimpinan perlu dipertajam agar dapat membawa tim mencapai tujuan perusahaan,“ tandasnya.

Baca juga: Dari Timur hingga Papua, Pertamina EP Berbagi Donasi kepada 1.500 Penerima Manfaat 

Diketahui, acara talk show bertema “Build Your Career in Oil & Gas Industry” yang digelar Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa merupakan rangkaian dari Forum Improvement & Innovation Award 2024 ini diselenggarakan untuk berbagi informasi mengenai membangun karier di industri migas kepada mahasiswa.

“Kami melihat antusiasme tinggi dari mahasiswa, para Gen Z, yang tertarik bergabung di industri migas. Oleh karena itu, selain memberikan gambaran profesi sebagai pekerja migas, mahasiswa juga berkesempatan menggali informasi prosedur rekrutmen, serta trik agar lolos seleksi,” ungkap Sr. Manager Relations Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa, Agus Suprijanto.

Kelebihan Gen Z di dunia kerja

Di tengah gempuran stigma Gen Z yang rentan akan tekanan luar, Agus menyoroti kelebihan yang dimiliki oleh Gen Z ini. Misalnya, lebih melek teknologi digital dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. 

“Generasi sekarang memiliki lebih banyak pilihan dan akses informasi melalui teknologi internet,” ungkap Agus, yang juga alumni ITS dan telah berkecimpung di dunia migas selama 30 tahun. 

Agus juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang aktif memanfaatkan kesempatan seperti talk show ini untuk memperdalam pengetahuan dan bertanya langsung kepada para ahli. 

“Mahasiswa sekarang lebih adaptif terhadap kebutuhan industri, salah satunya dengan mengikuti diskusi. Hal itu merupakan kekuatan dan bekal untuk berkarier seperti yang dicitakan,” pungkasnya. (*)

Editor: Yulian Saputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Top! Kantor Pusat Bank Mandiri Jadi Gedung dengan Manajemen Energi Terbaik

Jakarta – Bank Mandiri menegaskan komitmen dalam menerapkan prinsip keberlanjutan dalam operasional perusahaan. Terbaru, Plaza Mandiri yang… Read More

8 mins ago

Gegara Ini, TikTok Mau PHK Ratusan Karyawan Global

Jakarta - Platform media sosial TikTok memangkas ratusan karyawan secara globalnya, termasuk sebagian besar stafnya… Read More

23 mins ago

OJK Sebut Pentingnya Sinergi dan Kolaborasi untuk Pengembangan Ekonomi Syariah

Jakarta – Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan… Read More

27 mins ago

PP Muhammadiyah Blak-blakan Soal Rencana Masuk ke BTN Syariah

Jakarta – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah buka suara soal wacana kerja sama dengan Unit Usaha Syariah (UUS) PT… Read More

33 mins ago

Jumlah Investor Saham RI Tembus 14 Juta, BEI Ungkap Strateginya

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan bangga mengumumkan pencapaian terbarunya terkait jumlah investor… Read More

34 mins ago

BCA dan Batavia Prosperindo AM Luncurkan Reksa Dana Saham Syariah BISEU

Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA pada hari ini, Jumat, 11… Read More

51 mins ago