News Update

Gelar KKI 2021, Ini 4 Fokus Utama BI Dukung UMKM

Jakarta – Bank Indonesia (BI) kembali menyelenggarakan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 dengan tiga seri utama dimana seri pertama berlokasi di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan, KKI 2021 merupakan platform BI untuk mendorong serta mengembangkan UMKM Indonesia baik di nasional maupun tingkat global. Dalam paparannya, Perry menyampaikan empat fokus utama BI guna mendukung UMKM nasional.

Dimana fokus pertama, BI bersinergi membagun eksotisme Lombok dari sisi pariwisata, budaya lokal, alam untuk wisata, dan mendorong produksi UMKM yang kreatif, serta inovatif untuk mejadi produk unggulan. 

“Hashtag kali ini eksotisme lombok. ini bentuk bagaimana kita bersama bersinergi membangun eksotisme lombok,” kata Perry melalui video conference di Jakarta, Rabu 3 Maret 2021.

Sementara untuk fokus kedua, lanjut Perry, BI terus memperkuat dan memperluas penggunaan QR Indonesia Standard atau QRIS di seluruh indonesia dengan memberdayakan 46 kantor wilayah. Dia berharap QRIS dalam waktu dekat akan digunakan oleh 12 juta pengguna.

“Kami juga perbaiki fitur-fitur dalam QRIS tanpa tatap muka termasuk juga nanti adalah tarifk dana dan transfer dilakukan,” ujarnya.

Sementara fokus ketiga, BI juga mengunggah produk UMKM di platform digital dan e-catalog, baik produk UMKM binaan BI maupun UMKM unggulan Pemerintah daerah. Sedangkan untuk fokus keempat, BI terus melakukan berbagai kolaborasi dan sinergi antar lembaga baik Pemerintah Daerah, pelaku UMKM, maupun pelaku industri jasa keuangan. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Muhammadiyah Ungkap Kabar Terbaru soal Rencana Mengakuisisi KB Bank Syariah

Jakarta – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dikabarkan ingin mencaplok PT KB Bank Syariah (KBBS) untuk pembentukan bank… Read More

58 mins ago

IHSG Ditutup Menguat 0,54 Persen, Seluruh Sektor Hijau

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini (11/10) ditutup bertahan pada zona… Read More

1 hour ago

BCA Sabet Gelar Juara Umum Annual Report Award 2023

Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil meraih penghargaan sebagai juara umum di… Read More

2 hours ago

Top! Kantor Pusat Bank Mandiri Dinobatkan Jadi Gedung dengan Manajemen Energi Terbaik

Jakarta – Bank Mandiri menegaskan komitmen dalam menerapkan prinsip keberlanjutan dalam operasional perusahaan. Terbaru, Plaza Mandiri yang… Read More

2 hours ago

Gegara Ini, TikTok Mau PHK Ratusan Karyawan Global

Jakarta - Platform media sosial TikTok memangkas ratusan karyawan secara globalnya, termasuk sebagian besar stafnya… Read More

2 hours ago

OJK Sebut Pentingnya Sinergi dan Kolaborasi untuk Pengembangan Ekonomi Syariah

Jakarta – Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan… Read More

3 hours ago