News Update

Gede Banget, Segini Besaran Potensi Bisnis Dari Metaverse

Jakarta – Dunia 3D virtual, Metaverse saat ini tengah ramai dibicarakan sebagai inovasi digital selanjutnya. Rudiantara, Founder Institute for Social Economic Digital Indonesia (ISED) mengungkapkan, potensi bisnis yang bisa muncul dari dunia virtual ini bisa mencapai US$758,6 miliar.

“Berdasarkan riset globe news wire, total bisnis dari metaverse ini sudah mencapai US$107 miliar di 2020 dan di 2026 diperkirakan bisa mencapai US$758,6 miliar. Paling besar adalah Tiongkok sekitar US$100 miliar dari sisi besaran bisnis metaverse ini,” jelas Rudiantara pada pidato virtualnya, Rabu, 23 Februari 2022.

Dengan besarnya potensi yang ada, Menteri Komunikasi dan Informatika Periode 2014–2019 ini juga mengungkapkan beberapa catatan sebelum terjun ke Metaverse. Pertama adalah semua transaksi yang akan menjadi global. Ia menyoroti bagaimana sektor keuangan Indonesia bisa memfasilitasi aktivitas dan transaksi bisnis yang terjadi di dunia virtual tersebut.

Kedua adalah soal regulasi. Rudiantara menilai, regulator harus ikut berubah dengan perkembangan teknologi yang ada. Dengan Metaverse, regulator tidak cukup hanya bertindak sebagai pembuat izin semata.

“Regulator tidak bisa lagi seperti sekarang yang menerapkan heavy handed regulation. Pola pikirnya harus berubah kalau regulator itu bukan hanya soal izin lagi. Regulator harus beralih menjadi fasilitator, bahkan akselerator,” jelasnya.

Ketiga adalah pengembangan Metaverse di Indonesia. Rudiantara memandang perkembangan dunia virtual ini masih dalam tahap awal. Meskipun demikian, beberapa pengembang Metaverse sudah mulai bermunculan yang menunjukkan minat kepada sektor ekonomi digital.

“Inilah tiga hal yang harus jadi perhatian dan kita harus mencari celah bagaimana indonesia berperan tetapi karena ini bagian global, kita juga harus berpikir bagaimana posisi kita di regional,” tutupnya. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Evan Yulian

Recent Posts

Tanggapi Deflasi 5 Bulan Beruntun, Jokowi Bilang Begini

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara terkait penurunan deflasi lima bulan beruntun… Read More

51 mins ago

Akun Nasabah Bank of America Sempat Tak Bisa Diakses, Ditemukan 20.266 Layanan Akun Terhenti

Jakarta - Bank of America menyatakan bahwa masalah teknis yang membuat banyak konsumennya kesulitan mengakses… Read More

1 hour ago

Pertahanan 3 Lapis dalam Pengelolaan UMKM

Oleh Babay Parid Wazdi, Dirut Bank SUMUT dan Pemerhati UMKM DI ZAMAN sekarang ini, banyak… Read More

2 hours ago

Awal Pekan, IHSG Dibuka pada Zona Hijau ke Level 7.509

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB (7/10) Indeks Harga Saham Gabungan… Read More

2 hours ago

IHSG Rawan Terkoreksi, Intip 4 Rekomendasi Saham Berikut

Jakarta - MNC Sekuritas melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

2 hours ago

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

15 hours ago