Gara-Gara PSAK 71, Bank Victoria Tak Targetkan Laba Besar

Gara-Gara PSAK 71, Bank Victoria Tak Targetkan Laba Besar

Gara-Gara PSAK 71, Bank Victoria Tak Targetkan Laba Besar
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Victoria International Tbk berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp35,4 miliar pada triwulan III 2019. Meskipun begitu, pihaknya mengaku tak akan menargetkan laba yang terlalu besar hingga tutup tahun. Hal ini dikarenakan perlunya persiapan cadangan (CKPN) untuk penerapan PSAK 71 pada Januari 2020 nanti.

“Laba akhir tahun kita tak menargetkan yang besar-besar karena kita cadangkan untuk PSAK 71. Ya, sedikit lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang di kisaran Rp79 miliar. Kita tak akan lebih tinggi dari itu. Memang, kita lebih berhati-hati, supaya modal kita tercukupi,” ujar President Director Bank Victoria, Ahmad Fajar di Jakarta, Jumat, 15 November 2019.

Sementara dari sisi penyaluran kredit, Bank Victoria telah membukukan capaian pertumbuhan kredit sebesar 3,68 persen menjadi Rp15,7 triliun pada triwulan III 2019. Angka tersebut lebih tinggi bila dibandingkan dengan realisasi akhir tahun lalu yang tercatat sebesar Rp15,1 triliun.

Sedangkan untuk Dana Pihak Ketiga (DPK) pada triwulan III 2019 ini, juga tercatat tumbuh 5,47 persen menjadi Rp20,5 triliun. Lalu, dari sisi Ekuitas, Bank Victoria mengalami pertumbuhan sebesar 6,90 persen menjadi Rp3 triliun. Kendati demikian, total aset perseroan mengalami penurunan sebesar 1,69 persen menjadi senilai Rp27,8 triliun.

Selain itu, tambah dia, pada tahun ini Bank Victoria juga telah melakukan ekspansi dengan membuka kantor cabang di luar Jakarta. Adapun kota yang terpilih untuk ekspansi adalah Kota Solo dan Medan. Ke depan, Bank Victoria akan terus memperkuat konsolidasi dan fokus pada tiga hal.

Pertama, memperkokoh fondasi perkreditan, treasury, dan perbaikan NPL. Kedua, memperkuat Transaction Banking untuk meningkatkan CASA dan menurunkan biaya dana dengan implementasi digital banking. Dan ketiga, meningkatkan Fee Based Income melalui transaksi devisa, international transaction, dan jasa-jasa lainnya. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]