Moneter dan Fiskal

Gara-Gara Ini, Ekspor-Impor RI Diramal Bakal Loyo Hingga Akhir 2023

Jakarta – Kepala Ekonom Bank Mandiri, Andry Asmoro menyatakan bahwa ekspor masih akan terkena dampak negatif oleh perlambatan ekonomi global pada 2023. Namun, impor dapat didukung oleh kegiatan domestik yang kuat menjelang tahun pemilihan umum (pemilu) 2024.

Seperti diketahui, nilai ekspor Indonesia turun -10,43 persen yoy pada Oktober 2023 dibandingkan -16,22 persen yoy pada September 2023. Kontraksi tersebut menyempit yang menandakan peningkatan ekspor nonmigas.

Baca juga: Segini Nilai Ekspor-Impor RI ke Israel dan Palestina, Apa Saja Komoditasnya?

Sementara, impor Indonesia merosot sebesar -2.43 persen yoy pada Oktober 2023 (dibandingkan dengan -12.45 persen pada September 2023). Kontraksi telah menyempit sejak tiga bulan terakhir karena permintaan domestik untuk bahan baku menguat.

“Kami melihat bahwa kinerja ekspor dalam sisa dua bulan 2023 akan mengalami sedikit perlambatan, sejalan dengan harga komoditas yang lebih rendah, sejalan dengan permintaan global yang belum kuat di tengah inflasi global yang tinggi dan suku bunga acuan yang masih tinggi,” ujar Asmo dalam keterangan tertulisnya, dikutip, Kamis 16 November 2023.

Dengan demikian, tambah Asmo, surplus perdagangan Indonesia akan menyempit, dikarenakan lemahnya kinerja ekonomi negara-negara tujuan ekspor.

Baca juga: Impor RI Melonjak 7,68 Persen jadi Segini di Oktober 2023

Pada Oktober 2023, neraca perdagangan mencatat surplus yang sedikit lebih lebar, menandai surplus 42 bulan berturut-turut sejak Mei 2020. Namun, surplus tersebut menyempit signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni USD3,48 miliar pada Oktober 2023, dibandingkan USD3,40 miliar pada September 2023.

“Di sisi lain, di sisa tahun 2023, impor barang konsumsi dan bahan baku akan cenderung meningkat di tengah perayaan Tahun Baru dan Natal serta persiapan pemilu nasional tahun depan,” ungkapnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

3 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

4 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

4 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

4 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

5 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

6 hours ago