Nasional

Gantikan Joe Biden, Wapres AS Kamala Harris Tiba di RI untuk Hadiri KTT ASEAN 2023

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) Kamala Harris tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, pada Selasa, 5 September sekira pukul 22.00 WIB.

‘Orang terkuat’ nomor dua di AS itu menjadi perwakilan Presiden AS Joe Biden untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke 34 ASEAN.

Kedatangan Kamala Harris disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Baca juga: Bos IMF Ingatkan ASEAN Bisa Alami Kerugian Gara-Gara Ini

Dikutip dari laman Gedung Putih, kehadiran dari perwakilan AS di KTT ASEAN 2023 ini, untuk menegaskan kembali komitmen abadi AS terhadap Asia Tenggara dan sentralitas ASEAN.  

“Kehadiran perwakilan AS dimaksudkan untuk mendukung implementasi yang kuat dari Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik dan memastikan kerja sama AS-ASEAN memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Asia Tenggara, AS, dan Indo-Pasifik yang lebih luas,” tulis Gedung Putih.

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah membuka KTT ke-43 Asean di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, kemarin.

Selain Kamala Harris, Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese beserta pendamping tiba lebih dulu di Indonesia. Ada juga PM China Li Qiang dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga sudah hadir di Jakarta.

Baca juga: KTT ASEAN Hasilkan 93 Kerja Sama Proyek Strategis, Segini Nilainya

Diketahui, total ada 22 pimpinan negara yang hadir terdiri dari 11 negara ASEAN, yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Kemudian, ada sembilan negara yang mitra yang diundang. Mereka di antaranya Republik Korea, India, Jepang, RRT, Selandia Baru, Kanada, Australia, Rusia, dan AS. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

2 hours ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Gedung Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

3 hours ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

3 hours ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

4 hours ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

4 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Turun 2,61 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.531 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan data perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)… Read More

5 hours ago