News Update

Gantikan EDC, BCA Siapkan Sistem QR Code di 2018

Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengaku saat ini tengah mengembangkan layanan digital perbankannya berupa sistem pembayaran berbasis Quick Respon (QR) Code yang diklaim bisa menggantikan mesin EDC (Electronik Data Capture) yang digunakan sebagai sarana alat pembayaran.

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, di Jakarta, Rabu, 4 Oktober 2017. Menurutnya, produk berbasis teknologi ini akan diluncurkan oleh BCA pada 2018 mendatang. Sistem QR Code ini diyakini akan memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi

Lebih lanjut Jahja menjelaskan, sistem QR Code ini merupakan sistem pembayaran yang dilakukan melalui ponsel pintar dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi mobile banking BCA. Pengembangan sistem QR Code ini tentu akan membuat akses BCA terhadap dana retail akan semakin meningkat.

“Kami mengarah ke sana, kalau bisa tidak ada lagi mesin EDC jadi pembayaran pakai QR Code dari gadget saja, tidak perlu pakai kartu lagi,” ujar Jahja.

Namun terkait dengan besaran investasi yang disiapkan untuk sistem QR Code ini, dirinya belum bisa merinci secara detil besaran dana yang akan digelontorkan untuk sistem tersebut yang dianggap dapat mengantikan mesin EDC tersebut. Sampai saat ini inovasi tersebut masih dalam pengembangan.

Dengan adanya sistem QR Code dalam aplikasi mobile banking BCA ini dapat memudahkan merchant dan para nasabah dalam melakukan pembayaran saat bertransaksi langsung. Selain itu, kata dia, produk tabungan maupun kartu kredit BCA nantinya juga terkoneksi langsung dengan aplikasi tersebut.

“Ini bukan e-wallet, misalnya seperti kartu kredit tapi sudah built in di gadget, tinggal pakai QR Code ini,” ucap Jahja. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

DPR Optimistis Target Ekonomi 8 Persen Bisa Terealisasi

Jakarta – Pimpinan Komisi XI DPR RI optimis target pertumbuhan ekonomi 8 persen yang dicanangkan Presiden… Read More

42 mins ago

Aplikasi GoPay Kini Hadirkan Produk Asuransi Kesehatan, Ini Kelebihannya

Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang menaungi GoPay sebagai unit bisnis Financial… Read More

53 mins ago

365 Saham Merah, IHSG Ditutup Turun ke Level 7.634

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Senin, 28 Oktober 2024, kembali… Read More

1 hour ago

Cerita Anggito: Sudah Dibooking Prabowo 6 Bulan Sebelum Dilantik jadi Wamenkeu

Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Anggito Abimanyu mengungkapkan bahwa dirinya sudah dibooking sejak 6 bulan… Read More

1 hour ago

Prabowo Instruksikan Menteri dan Pejabat Pakai Mobil Dinas Buatan Lokal

Jakarta – Presiden Prabowo Subianto meminta agar semua menteri dan pejabat eslon I di Kabinet Merah-Putih menggunakan… Read More

2 hours ago

Kemenkeu Siapkan Anggaran Program Swasembada Pangan Prabowo

Jakarta - Wakil Menteri Keuangan Anggito Abimanyu mengungkapkan bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah menyiapkan anggaran… Read More

2 hours ago