Perbankan

Gandeng Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Bank Mandiri Siap Hadirkan Layanan Keuangan

Jakarta – Bank Mandiri siap menghadirkan solusi layanan finansial untuk memudahkan transaksi keuangan, tidak hanya untuk masyarakat ritel namun untuk lembaga. Salah satunya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) terkait Pemanfaatan Layanan Jasa Perbankan.

Adapun ruang lingkup dari MoU secara besaran meliputi pengelolaan dana, pemanfaatan produk dan layanan jasa perbankan Bank Mandiri.

MoU yang telah ditandatangani merupakan landasan awal untuk penyusunan perjanjian Kerjasama lebih lanjut yang diantaranya Kerjasama Pembayaran Payroll, Kerjasama Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah, dan Kerjasama e-Money Co-branding sebagai ID Card Pegawai Otorita Ibu Kota Nusantara.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, sebagai bagian dari Lembaga Keuangan di BUMN, Bank Mandiri menyadari pentingnya untuk terlibat dan berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara termasuk dalam menyediakan layanan perbankan berbasis digital agar berbagai transaksi keuangan dapat dilakukan sesuai kebutuhan OIKN.

Baca juga: Genjot Bisnis Berkelanjutan, Pembiayaan ESG Bank Mandiri Tembus Rp242 Triliun

“Melalui sinergi ini, kami berharap menjadi awal untuk kolaborasi yang lebih baik dan menjadi komitmen Bank Mandiri untuk memberikan layanan yang terbaik dan prima dalam mendukung kebutuhan layanan perbankan, tidak hanya kepada OIKN sebagai Lembaga Negara tetapi juga kepada seluruh jajaran pegawai OIKN,” ujar Rohan dikutip 9 Agustus 2023.

Dalam kesempatan yang sama Bank Mandiri dan OIKN menandatangani Perjanjian Kerjasama Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah yang merupakan mandat dari Peraturan Kementerian Keuangan Nomor 210/PMK.05/2022 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Rohan juga menyampaikan, Kerjasama Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap Program Pemerintah menuju cashless society, dimana penggunaan Uang Persediaan tidak lagi sepenuhnya menggunakan uang tunai. Selain itu, di Ibu Kota Nusantara memiliki potensi bisnis yang cukup luas sehingga terbuka peluang skema Kerjasama yang dapat dilakukan tidak hanya oleh Bank Mandiri, namun termasuk Perusahaan Anak Bank Mandiri dalam mendukung pengembangan Ibu Kota baru nantinya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Utama Otorita Ibu Kota Nusantara Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan, pihaknya berharap MoU ini dapat memayungi berbagai kepentingan di kedua belah pihak. Termasuk Bank Mandiri dapat bersinergi dengan OIKN dalam mewujudkan Ibu Kota Nusantara sebagai simbol identitas bangsa, green economy & energy, smart transportation, dan tata kelola pemerintahan yang efisien dan efektif sebagai transformasi besar bangsa Indonesia.

”Bank Mandiri merupakan salah satu mitra pilihan kami yang dapat memenuhi kebutuhan di Otorita Ibu Kota Nusantara. Kami pun meyakini bahwa dengan kemampuan sistem perbankan yang dimiliki Bank Mandiri, pengelolaan keuangan kami dapat lebih efisien, transparan dan akuntabel,” tambah Achmad. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

51 mins ago

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

3 hours ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Gedung Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

4 hours ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

4 hours ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

5 hours ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

5 hours ago