Perbankan dan Keuangan

Gandeng AwanTunai, Bank Raya Perluas Akses Permodalan UMKM

Jakarta – PT Bank Raya Indonesia Tbk (AGRO) pada hari ini (9/11) melakukan kerja sama dengan salah satu perusahaan fintech, yaitu AwanTunai.

Kerja sama ini bertujuan mendukung pertumbuhan pelaku usaha melalui dukungan permodalan dan pengawasan yang lebih efisien terhadap UMKM yang akan mengembangkan bisnis melalui layanan peminjaman kredit.

Bank Raya akan berperan sebagai partner bagi pelaku usaha agar menjadi mitra ideal bagi AwanTunai. Selain itu, memberikan dukungan dalam hal pembiayaan yang dibutuhkan oleh AwanTunai dan memungkinkan mereka untuk memperluas layanan peminjaman kepada UMKM.

Baca juga: Dukung Bisnis Berkelanjutan, CIMB Niaga Salurkan Kredit UMKM Rp24,1 T

Direktur Digital dan Operasional Bank Raya, Bhimo Wikan Hantoro, mengatakan kerja sama dengan AwanTunai tersebut akan semakin melengkapi aspirasi Bank Raya untuk menyediakan produk dan layanan perbankan yang relevan dengan kebutuhan nasabah melalui pendekatan digital end-to-end secara menyeluruh.

“Melalui kerja sama penyaluran kredit melalui platform AwanTunai, para pelaku usaha yang tergabung di AwanTunai dapat mengakses pinjaman produktif untuk pertumbuhan bisnis, namun dengan tetap memperhatikan prinsip prudential banking,” ucap Bhimo dalam keterangan resmi di Jakarta, 9 November 2023.

Kemitraan tersebut juga diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia, dan meningkatkan peluang bisnis bagi Bank Raya maupun AwanTunai.

Nantinya, AwanTunai bisa mendapatkan akses tambahan ke sumber modal pemberian kredit, sehingga dapat memberikan dukungan keuangan kepada UMKM dengan lebih efektif, serta memperkuat kehadirannya di sektor UMKM.

Baca juga: Bank Raya Resmikan Logo Baru

Di sisi lain, Bank Raya berpeluang untuk melakukan cross-selling produk perbankan transaksi kepada nasabah dan ekosistem AwanTunai. Potensi cross-selling tersebut dapat meningkatkan pendapatan bank.

Sebagai informasi, pendapatan bunga bersih Bank Raya tercatat Rp359,24 miliar per kuartal III-2023. Sedangkan total pendapatan operasional lainnya tercatat sebesar Rp245,55 miliar dengan laba sebelum pajak tercatat Rp140,41 miliar. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

20 mins ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

42 mins ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

2 hours ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

2 hours ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

2 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Turun 2,61 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.531 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan data perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)… Read More

3 hours ago