Fundamental Ekonomi Stabil, BI Diproyeksi Tahan Suku Bunga 5%

Jakarta – Para ekonom memandang arah suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) masih akan ditahan pada level 5% dengan mempertimbangkan beberapa aspek fundamental ekonomi yang masih terjaga stabil.

Kepala Ekonom PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Ryan Kiryanto menjelaskan, kondisi inflasi yang terjaga, cadangan devisa yang terjaga serta neraca dagang yang mencatatkan surplus.

“Pertimbangan lainnya adalah untuk menjaga kestabilan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, terutama dollar AS, di tengah faktor eksternal yakni trade war, Brexit, risiko geopolitik yang masih belum kondusif terhadap perekonomian Indonesia,” jelas Ryan kepada infobanknews di Jakarta, Kamis 21 November 2019.

Menurutnya BI sudah sangat ahead the curve dan sudah saatnya BI “menahan diri” untuk cooling down dulu dengan tidak lagi menurunkan suku bunga acuannya karena efek penurunan BI 7-day Reverse Repo Rate yang sebelumnya.

Sejalan dengan pendapat tersebut, Ekonom PT Bank Permata, Josua Pardede memandang setelah memangkas bunga acuan sebesar 100 basis poin sejak Juli lalu, suku bunga acuan saat ini masih konsisten dalam menjangkar ekspektasi inflasi serta mendorong stabilitas nilai tukar rupiah.

“Suku bunga saat ini juga diperkirakan akan tetap membuat asset keuangan rupiah tetap atraktif mempertimbangkan ekspektasi pelaku pasar,” tambah Josua.

Sebagai informasi, pada RDG BI periode Oktober yang lalu, BI kembali menurunkan BI7-DRR sebesar 25 basis points (bps) menjadi 5% sehingga sejak sepanjang 2019, BI telah menurunkan suku bunga acuan sebanyak 4 kali berturut atau mencapai 100 bps dari tahun lalu yang mencapai 6%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

10 Tahun Pemerintahan Jokowi, Realisasi Penyaluran KUR Tembus Rp1.793 Triliun

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengungkapkan capaian kinerja 10 tahun pemerintahan Presiden… Read More

10 mins ago

220 Saham Hijau, IHSG Dibuka Naik Tipis ke Level 7.559

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Rabu, 9 Oktober 2024, Indeks… Read More

2 hours ago

Begini Respons BEI Soal Prajogo Pangestu Borong Saham BREN

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) buka suara terkait dengan aksi Prajogo Pangestu yang… Read More

2 hours ago

Begini Solusi bagi Perusahaan Memodernisasi Aplikasi Secara Mudah

Jakarta – Harus diakui bahwa teknologi berkembang sangat cepat. Contohnya di industri perbankan. Jika dulu… Read More

2 hours ago

IHSG Berpeluang Menguat, AGRO, ASII, ISAT, MAPA Direkomendasikan

Jakarta - MNC Sekuritas melihat pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

3 hours ago

OJK Dorong Peningkatan Literasi Pasar Modal ke Anggota Polri

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama seluruh stakeholder pasar modal berkomitmen untuk terus mendorong… Read More

4 hours ago