Keuangan

Freelancer Wajib Tahu! Ini Perhitungan Biaya Transaksi PayPal

Jakarta – Sebagian besar dari Anda pasti sudah mendengar PayPal bukan? Ini merupakan layanan online yang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi jual beli online dengan menggunakan akun.

Selain melakukan pembayaran online, PayPal juga bisa dipergunakan untuk menerima uang secara online lintas negara. Nah, biasanya memiliki akun PayPal merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh freelancer.

Misalnya saja, menerima pembayaran antar negara, kemudahan akses transaksi, waktu transaksi yang lebih cepat hingga penarikan dan top up menggunakan dompet digital.

Baca juga: Gopay Luncurkan Aplikasi Sendiri, Siap Gaet 200 juta Penduduk Indonesia

Meski begitu, penggunan PayPal pun dikenakan biaya transaksi. Biaya transaksi ini sekaligus merupakan sumber pendapatan dari perusahaan tersebut.

PayPal sendiri mendapatkan keuntungan dari harga rate mata uang Ketika di withdrawal atau menarik saldo ke bank lokal .

Persentase Biaya Transaksi PayPal

Pertama, PayPal mengenakan biaya 4,4% dari jumlah total tiap pembayaran. Tak hanya itu, ada juga biaya tetap tambahan sebesar USD0.30 untuk setiap transaksi.

Misalnya, pada saat Anda menerima pembayaran USD100, maka akan dikenakan biaya transaksi sebesar USD4,70. 

Nilai tersebut merupakan potongan biaya 4,4% dari USD100 senilai USD4,40 dan ditambah USD0,30 sehingga hasilnya USD4,70.

Artinya, Anda hanya akan menerima senilai USD95.30 dari transaksi USD100. Apabila Anda ingin menerima USD100 penuh, maka Anda harus meminta USD104.92.

Kedua, PayPal akan memotong biaya rate dari harga rate bank yang sesungguhnya sekitar Rp400 per USD1. Dan potongan Rp16.000 jika transaksi penarikan ke bank lokal di bawah USD115.

Misalnya, saat Anda ingin mencairkan dana dari PayPal ke bank lokal (semisal BCA) senilai USD100. Rate BCA saat ini adalah Rp14.915 per USD1, maka PayPal akan memiliki harga rate sebesar 14.523 per USD1. Dan potongan biaya transaksi sebesar Rp16.000.

Baca juga: Bos BI Ungkap Progres Rupiah Digital, Terbit Tahun Ini?

Jadi, Anda yang seharusnya menerima uang sebesar Rp1.491.500 menjadi Rp1.436.300 atau terpotong sebesar Rp55.200

Perlu diingat, bahwa biaya Rp16.000 hanya dikenakan jika Anda menarik uang di bawah USD115. Jadi, pastikan untuk menarik dana dari PayPal lebih dari USD115 untuk menghindari biaya potongan sebesar Rp16.000.(*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

2 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

2 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

3 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

5 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

6 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

7 hours ago