Ekonomi dan Bisnis

Forum CSR Indonesia Dorong Pelaku Usaha Manfaatkan Platform Innovation Fund Kedaireka

Jakarta – Sebagai mitra strategis Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Forum CSR Indonesia mendorong pelaku usaha untuk berkontribusi serta menghadirkan inovasi dan solusi terkait isu-isu sosial kemasyarakatan. Inovasi dan solusi bisa didorong melalui kerja sama dengan perguruan tinggi atau universitas.

Maka itu, Forum CSR sangat mendukung Innovation Fund Kedaireka untuk menjembatani kolaborasi inovasi antara pelaku usaha dengan perguruan tinggi. Program pendanaan ini disalurkan langsung oleh mitra industri untuk mendukung inovasi-inovasi solutif dari tinggi.

Menurut Ketua Umum Forum CSR Indonesia, Mahir Bayasut, inovasi oleh pelaku usaha dan perguruan tinggi jangan hanya untuk kepentingan industri saja. Tapi juga sejalan dengan konsep tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), yakni pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga: Ditjen Diktiristek Alokasikan Rp750 Miliar untuk Program Matching Fund Kedaireka 2024

Untuk mencapai tujuan itu, lanjut Mahir, diperlukan inovasi-inovasi yang berdampak pada meningkatnya kesejahteraan sosial, dan pemenuhan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) secara aktif, efektif, masif dan berkelanjutan.

“Kami terus mendorong DUDI agar dapat berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi melalui program Innovation Fund Kedaireka. Sehingga hal ini memungkinkan pengembangan inovasi yang dapat berdampak positif tidak hanya untuk kepentingan industri, namun juga berdampak terhadap sosial maupun ekonomi masyarakat,” ujar Mahir dalam keterangan resmi, dikutip Selasa, 21 November 2023.

Adapun sejumlah perusahaan yang telah digandeng oleh Forum CSR Indonesia untuk mengikuti program Innovation Fund Kedaireka tahun 2023 antara lain Adaro, Pelindo, Pegadaian dan PLN.

Salah satu peluang kolaborasi yang dibuka oleh Adaro adalah pemanfaatan limbah pasir silika. Business case ini menjaring antusiasme yang besar dari para akademisi yang menghasilkan 67 proposal inovator dari 52 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Baca juga: Mendorong Kolaborasi Industri dan Universitas ke Skala Internasional Lewat Merdeka Innovation Summit 2023

Selain mendorong pelaku usaha terlibat dalam program Innovation Fund Kedaireka, Forum CSR Indonesia juga mendukung perhelatan Merdeka Innovation Summit 2023 (MIS), yang digelar 16-17 November 2023 di Jakarta.

Merdeka Innovation Summit 2023 merupakan perwujudan nyata dalam menyongsong visi Indonesia Emas 2045, yang fokus pada peningkatan pembangunan manusia, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, serta keadilan dalam pengembangan dan peningkatan ketahanan nasional dan tata kelola. (*) Ari Astriawan

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

5 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

5 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

6 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

6 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

7 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

8 hours ago