Keuangan

Fokus Perkuat Fundamental Perusahaan, Venteny Absen Bagikan Dividen

Jakarta – Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Venteny Fortuna International Tbk (VNTY) memutuskan tidak membagikan dividen dari laba tahun buku 2022.

Merujuk laporan keuangan perseroan tahun 2022, emiten teknologi ini berhasil membukukan laba sebelum pajak sebesar Rp5,5 miliar di 2022. Angka ini meningkatkan 52% dibandingkan laba tahun 2021 yang mencapai Rp 3,6 miliar.

Dijelaskan Direktur Venteny Fortuna International Damar Raditya, keputusan untuk tidak mebagikan dividen bukan tanpa alasan. Mengingat, Venteny masih memiliki kewajiban untuk mengalokasikan laba sebagai dana cadangan atau reserved fund.

“Untuk tahun ini kami punya kewajiban untuk reverse fund, sehingga kami mengalokasikan Rp500 juta untuk itu. Sisanya Rp700 juta untuk keperluan working capital perusahaan,” kata Damar dalam konferensi pers, Selasa, 6 Juni 2023.

Dengan alokasi tersebut, kata Damar, diyakini fundamental perusahaan akan lebih kuat dalam mengarungi bisnis di tahun ini. Sehingga nantinya pembagian dividen kepada pemegang saham bisa terealisasi.

“Fokus kami memang fundamental perusahaan, sehingga tahun ini bisa mencapai kinerja lebih baik. Kami optimis dengan pengembangan (fundamental) kinerja perusahaan bisa naik 2 sampai 3 kali lipat,”ungkap Damar.

Sejumlah strategi juga telah dipersiapkan Venteny guna menggenjot kinerja perseroan. Salah satunya dengan melakukan sejumlah ekspansi bisnis ke sejumlah wilayah Tanah Air. Diakui, saat ini kontribusi bisnis Venteny masih terpusat di Jawa.

“Kami akan fokus di Indonesia, karena belum merambah Kalimantan dan Sulawesi. Market di Indonesia besar sekali, belum banyak yang tercover. Kami juga tetap melihat peluang di negara lain, seperti di Thailand dan Vietnam,” ujar Damar.

Di kuartal I-2023, Venteny telah melakukan penyaluran dana dari model Business to Business (B2B) sebesar Rp340 miliar, meningkat 30% dari Rp262 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Tak hanya itu, penyaluran dana Business to Business to Employee (B2B2E) juga mengalami peningkatan jumlah pengguna aktif dan transaksi sehingga terjadi peningkatan GMV sebesar 3.000% dari Rp0,7 miliar di kuartal 1 2022 menjadi Rp21 miliar di kuartal I-2023.

Dari penyaluran tersebut, perseroan berhasil membukukan pendapatan Rp32,6 miliar selama kuartal I-2023. Hasil ini meningkat 243% dibanding periode yang sama pada tahun lalu yang menyentuh angka Rp13,4 miliar.

Sejurus dengan itu, laba perusahaan pun ikut terdongkrak. Pada kuartal I-2023, perseroanberhasil mencetak laba sebelum pajak sebesar Rp4,7 miliar. Angka ini meningkat 178% dari kuartal satu tahun sebelumnya (year on year/yoy) yang tercatat Rp2,6 miliar.(*)

Galih Pratama

Recent Posts

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

2 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

2 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

3 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

5 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

6 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

7 hours ago