Keuangan

Fitur Biometrik Bikin Aplikasi Connect by Panin Dai-ichi Life Lebih Aman

Jakarta – Di era digital yang berkembang pesat, berbagai kegiatan hingga kebutuhan masyarakat pun semakin mudah dan serba instan. Untuk itu, industri keuangan termasuk asuransi didorong agar dapat berinovasi dan bertransformasi sebagai langkah dalam memenuhi pelayanan kepada para nasabahnya.

Menyikapi hal ini, Panin Dai-ichi Life pun terus berinovasi dalam memudahkan nasabahnya. Salah satunya dengan menambah fitur yang dapat mempermudah penggunaan aplikasi oleh nasabah yang memiliki mobilitas tinggi, dengan menghadirkan fitur biometric scanner untuk mengakses aplikasi Connect by Panin Dai-ichi Life.

Presiden Direktur Panin Dai-ichi Life, Fadjar Gunawan menjelaskan, fitur terbaru ini tidak hanya memudahkan pada saat login, fitur biometrik dinilai lebih aman karena memiliki beberapa keunggulan yang berfungsi melindungi data nasabah. Menurutnya, Ini merupakan bentuk kepedulian Panin Dai-ichi Life terhadap kebutuhan nasabah yang semakin dinamis.

“Kami paham bahwa nasabah ingin lebih mudah dalam menggunakan aplikasi Connect oleh karenanya kami menambahkan fitur biometrik ini. Fleksibilitas dan kepraktisan adalah nilai tambahnya. Jadi nasabah Panin Dai-ichi Life hanya perlu menempelkan jari atau menghadapkan wajah pada kamera ponsel untuk masuk ke dalam aplikasi mobile yang telah mengaktifkan autentikasi biometrik,” ujar Fadjar dikutip 5 April 2023.

Sejak diluncurkan pada tahun 2022 yang lalu, aplikasi Connect by Panin Dai-ichi Life terus menghadirkan solusi untuk berbagai urusan nasabah dalam berasuransi. Mulai dari mengunduh formulir untuk berbagai transaksi, melakukan pengajuan klaim serta melihat riwayat klaim, mendapatkan informasi mengenai nilai investasi, hingga mengatur alokasi investasi. Seluruhnya bisa dilakukan dalam satu aplikasi digital.

“Kami mengajak seluruh nasabah Panin Dai-ichi Life untuk dapat memanfaatkan aplikasi Connect sebagai solusi dalam melakukan transaksi terkait polis asuransinya. Kami berharap melalui kehadiran aplikasi ini dapat menjawab kebutuhan nasabah dan mengurangi angka tindak kejahatan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” ucap Fadjar.

Dibandingkan fitur password atau PIN pada umumnya, lanjut dia, fitur autentikasi biometrik inibmemiliki beberapa keunggulan, dalam pemakaian aplikasi digital untuk layanan jasa asuransi. 

Pertama, lebih praktis. Sebagian orang terkadang mudah lupa dengan password saat  ingin mengakses aplikasi mobile, dan itu seringkali dialami oleh mereka yang sudah lansia. Namun Hal itu tidak lagi menjadi masalah. Fitur biometrik akan melakukan verifikasi digital dengan mencocokkan apa yang tertangkap oleh sensor atau kamera dengan data biometrik yang sebelumnya sudah tersimpan pada ponsel pengguna.

Kedua, lebih aman. Penggunaan password atau PIN oleh bukan pengguna asli dapat menimbulkan risiko pencurian data dan bisa saja terjadi transaksi keuangan yang tidak diinginkan. Namun risiko tersebut tidak lagi menjadi kendala. Fitur biometrik dapat merekam identitas unik seseorang yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, seperti sidik jari, wajah, retina mata, dan sejenisnya. Fitur biometrik lebih aman dari penggunaan password ataul PIN. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Gojek Tingkatkan Literasi Keuangan Mitra, Tekankan Bahaya Judi Online

Jakarta - Platform transportasi online, Gojek sebagai bagian dari grup PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk… Read More

5 hours ago

Indonesia Ingin Gabung BRICS, CSIS: Kita Sudah Anggota G20

Jakarta - Indonesia dikabarkan membuka peluang untuk bergabung dengan BRICS, kelompok negara yang terdiri dari… Read More

6 hours ago

GREAT Prestige Optima Protector Meluncur, Bantu Realisasikan Tujuan Finansial Nasabah Lebih Cepat

Jakarta - Great Eastern Life Indonesia bersama dengan mitra strategisnya PT Bank OCBC NISP Tbk… Read More

7 hours ago

Andien hingga Maliq & D’Essentials Siap Hentak Panggung Golo Mori Jazz 2024

Jakarta – Perhelatan musik jazz berskala internasional, International Golo Mori Jazz 2024 bakal digelar pada… Read More

7 hours ago

Modal Asing Keluar dari RI Rp6,63 Triliun dalam Sepekan, Simak Rinciannya

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat adanya aliran modal asing keluar (capital outflow) senilai Rp6,63… Read More

7 hours ago

Bank Sulselbar Kantongi Laba Bersih Rp455,70 Miliar di Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat atau Bank Sulselbar mencatatkan… Read More

8 hours ago