Keuangan

Fit and Proper Test DK OJK di DPR, Ini Visi dan Misi Agusman

Jakarta – Komisi XI DPR RI pada hari ini (10/7) melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada Calon Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap Anggota DK OJK periode 2023 – 2028.

Salah satu calon DK OJK yang menjalani fit and propert test adalah Agusman. Pria yang saat ini aktif sebagai Kepala Departemen Audit Internal Bank Indonesia (BI), menyampaikan paparannya dengan mengusung tema tantangan dan peluang, dan strategi ke depan bagi pengembangan dan penguatan  lembaga pembiayaan, perusahaan modal ventura, lembaga keuangan mikro, dan lembaga jasa keuangan lainnya.

Agusman menuturkan tantangan dan peluang industri ini, secara global, yaitu tingginya ketidakpastian dalam perekonomian dunia, antara lain karena masih berlanjutnya perang Rusia dan Ukraina, perlu diwaspadai dengan baik.

Sementara, secara domestik, Berakhirnya pelonggaran ketentuan untuk mengatasi dampak Covid-19, Masih lemahnya perlindungan konsumen, masih rendahnya pendalaman pasar keuangan, meluasnya penggunaan teknologi digital, meningkatnya jumlah generasi milenial, dan meningkatnya kesadaran terkait pembiayaan yang ramah lingkungan.

“Secara khusus, tantangan yang dihadapi oleh sektor industri lembaga pembiayaan, perusahaan modal ventura, lembaga keuangan mikro, dan lembaga Jasa keuangan lainnya dibagi menjadi dua, yaitu dari sisi kelembagaan dan bisnis,” ujar Agusman saat menjalani fit and proper test di Komisi XI DPR RI, Senin 10 Juli 2023.

Baca juga: Pengamat Sebut Wajar Calon DK OJK Didominasi Pejabat BI

Dia menjelaskan, dari sisi kelembagaan, yaitu masih lemahnya tata kelola dan manajemen risiko, terbatasnya SDM secara kuantitas dan kualitas, dan lemahnya dukungan infrastruktur teknologi informasi (TI). Sementara secara bisnis, yaitu bisnis yang belum berkembang, tingkat persaingan semakin meningkat, dan sulitnya mendapatkan pendanaan serta permodalan.

Visi dan Misi Agusman

Dengan memperhatikan peluang dan tantangan tersebut, Agusman memiliki visi dan misi. Agusman menjelaskan, visinya yaitu Menjadi Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya yang terpercaya dan berhasil melindungi kepentingan konsumen guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional untuk Indonesia maju. 

Serta visi yakni, melaksanakan pengawasan Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya untuk memastikan terjaganya kepentingan konsumen, meningkatnya dukungan Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Kuanaan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, dan berjalannya koordinasi dalam rangka menjaga efektivitas pengawasan.

“Berdasarkan visi dan misi tersebut terdapat tiga strategi yang di usung, yaitu penguatan kelembagaan, pengembangan bisnis, dan penguatan pengawasan dan pengaturan,” ujarnya.

Strategi tersebut memiliki sebagiannya bersifat jangka panjang dan juga jangka pendek, terutama yang menjadi tindak lanjut UU PPSK. untuk strategi jangka Panjang dari penguatan tata keola dan manajemen risiko, antara lain, penguatan tata kelola dan manajemen risiko, penguatan sumber daya manusia (SDM), serta penguatan dukungan infrastruktur teknologi informasi (TI).

Baca juga: Ini Dia Empat Nama Calon DK OJK yang Diusulkan Presiden ke DPR

Kemudian, strategi pengembangan bisnis, yaitu pemberian bimbingan teknis, penguatan pelaksanaan riset dan kajian, serta pengiuatan proses bisnis. Selanjutnya, strategi penguatan pengawasan dan pengaturan untuk jangka pendeknya yaitu, penyesuaian organisasi pengawasan sesuai UU PPSK, pembenahan regulasi, penguatan pengawasan agar sesuai dengan UU PPSK.

“Dan jangka panjangnya, yaitu dari strategi ketiga, yaitu penguatan metodologi pengawasan, penguatan infrastruktur pengawasan dengan memanfaatkan TI, dan penguatan koordinasi dan sinergi,” jelasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

1 hour ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

2 hours ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

3 hours ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

3 hours ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

3 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Turun 2,61 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.531 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan data perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)… Read More

4 hours ago