Ekonomi dan Bisnis

Finansialku dan IFG Life Hadirkan Solusi untuk Generasi Sandwich

Jakarta–Finansialku dan PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) bersinergi untuk menghadirkan solusi bagi tantangan dan dilema yang dihadapi oleh “sandwich generation” dalam merencanakan keuangan, termasuk mengatur prioritas antara mengejar cuan atau memberikan proteksi yang layak bagi kedua orang tua.

Perubahan sosial dan demografis telah menciptakan fenomena yang dikenal dengan istilah “sandwich generation” atau generasi sandwich, yang merupakan fenomena generasi tengah menghadapi tantangan yang kompleks dan tuntutan dari generasi di atas dan di bawahnya.

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh generasi sandwich adalah menanggung kebutuhan berobat orang tua yang sudah pensiun dan lebih rentan terkena penyakit, di tengah inflasi biaya kesehatan yang cenderung naik setiap tahunnya.

Chief Financial Officer IFG Life Ryan Diastana Firman menuturkan salah satu solusi untuk mengelola finansial yang baik bagi generasi sandwich adalah dengan membeli proteksi untuk orang tua, diri, dan keluarga, serta mengalihkan risiko kepada perusahaan asuransi.

Proteksi dalam asuransi dapat mencakup berbagai risiko seperti kematian, kecelakaan, cacat, penyakit serius, kerugian properti, atau tanggung jawab hukum.

“Dengan memiliki polis asuransi yang tepat, kita dapat mengalihkan risiko tersebut kepada perusahaan asuransi, yang akan memberikan manfaat atau penggantian finansial jika risiko terjadi,” ujarnya.

Sandwich generation merupakan hal yang sulit dihindari karena sudah menjadi warisan budaya dari generasi sebelumnya. Memutus rantai generasi sandwich juga bukanlah hal yang mudah, sehingga diperlukan konsistensi dan usaha untuk melakukannya.

Perlindungan yang diberikan oleh asuransi dapat membantu melindungi aset, mengurangi beban finansial yang tidak terduga, serta memberikan keamanan dan ketenangan pikiran bagi pemegang polis dan keluarga mereka.

“Ini dapat menjadi solusi yang baik untuk tantangan dan dilema yang dihadapi oleh generasi sandwich,” ujarnya.

IFG Life dan Finansialku berkolaborasi dengan Universitas Negeri Jakarta Prodi S1 Manajemen UNJ menyelenggarakan Smart Talks bertema “Terjebak di Antara Dua Pilihan: Mengejar Cuan atau Proteksi Bokap Nyokap?”

Acara yang digelar di Auditorium Prof. Dr. Maftuchah Yusuf, Universitas Negeri Jakarta, ini ramai dihadiri oleh para peserta dari generasi Z juga generasi millennial yang antusias untuk memahami dan mencari solusi terhadap tantangan keuangan yang dihadapi oleh generasi sandwich.

Hadir sebagai pembicara dalam acara Smart Talks tersebut yaitu Melvin Mumpuni CFP® (CEO & Founder Finansialku) dan Ryan Diastana Firman (Chief Financial Officer IFG Life). Para pembicara membahas strategi yang dapat dilakukan generation sandwich dalam mewujudkan tujuan keuangannya.

Acara ini juga merupakan bagian dari rangkaian program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) IFG Life yang berkaitan dengan literasi keuangan. Dalam acara ini dibahas mengenai strategi tepat mengelola keuangan bagi para pejuang generation sandwich, pentingnya asuransi bagi pribadi dan orang tua, sampai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli produk asuransi.

Wahyu Oktapian

Recent Posts

Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Akses KPR dan Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa… Read More

16 mins ago

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

13 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

13 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

14 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

16 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

17 hours ago