Nasional

FIFGROUP Luncurkan Hutan untuk Kurangi Emisi dan Perkuat Ekonomi Lokal

Jakarta – PT Federal International Finance (FIFGROUP), anak perusahaan PT Astra International Tbk meluncurkan Hutan FIFGROUP. Hutan FIFGROUP yang terletak di Wilayah Perhutanan Sosial Desa Jayamekar, Kabupaten Garut, Jawa Barat, ini memiliki luas 20 hektar. 

Dalam program tersebut, lebih dari 25.000 bibit pohon ditanam oleh FIFGROUP bersama masyarakat sekitar untuk mendukung keberlanjutan lingkungan.

Direktur FIFGROUP, Esther Sri Harjati mengatakan, Hutan FIFGROUP merupakan bagian dari Pilar FIFGROUP Lestari sebagai upaya perusahaan dalam mendukung pelestarian lingkungan dan mengurangi dampak perubahan iklim, seperti meningkatnya suhu global dan penurunan kualitas lingkungan. 

Program ini sejalan dengan Paris Agreement dan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya SDGs ke-13 tentang Penanganan Perubahan Iklim serta SDGs ke-15 mengenai Keberlanjutan Ekosistem Daratan. 

Baca juga : Literasi Keuangan FIFGROUP, Optimalkan Pembiayaan Cerdas dan Bijak

“Hutan FIFGROUP merupakan komitmen kami untuk mendukung keberlanjutan lingkungan, mengurangi dampak krisis iklim sekaligus meningkatkan ekonomi bagi masyarakat lokal. Kami berharap program ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi lingkungan tetapi juga membuka peluang ekonomi bagi warga sekitar melalui hasil panen yang nantinya akan dihasilkan,” jelasnya, dikutip pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Teknik Agroforestri

Berkolaborasi dengan IPB University, Hutan FIFGROUP menerapkan teknik agroforestri yang mengombinasikan penanaman bibit pohon kehutanan, tanaman endemik, dan tanaman produktif. 

Pendekatan ini memungkinkan kawasan Hutan FIFGROUP untuk ditanami berbagai jenis pohon produktif seperti alpukat, kopi, hingga durian. Sehingga, selain memperkaya biodiversitas hutan, pada masa panen nanti Hutan FIFGROUP juga diharapkan memberikan dampak ekonomi yang berkelanjutan bagi masyarakat melalui hasil panen yang diperoleh.

Baca juga : Gandeng FIFGROUP, Moxa Beri Pinjaman Modal UMKM hingga Rp500 Juta

“Program ini memberikan dampak positif langsung pada masyarakat lokal, karena mereka dilibatkan dalam penanaman, pemeliharaan hingga pemanenan tanaman produktif yang nantinya akan membantu meningkatkan perekonomian mereka. Saya mengajak seluruh masyarakat Garut untuk berperan aktif dalam mengembangkan dan menjaga Hutan FIFGROUP dengan bersama-sama merawat bibit-bibit pohon yang ditanam,” ujar Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Garut, Bubu Burhanudin Apip.

Mengurangi Emisi Karbon

Melalui program ini, FIFGROUP juga turut berperan aktif dalam upaya pengurangan emisi karbon melalui carbon offset. Langkah ini diambil untuk membantu mengurangi dampak buruk emisi gas rumah kaca yang berkontribusi pada pemanasan global. 

“Program Hutan FIFGROUP tidak hanya berkontribusi pada pelestarian lingkungan, tetapi juga menjadi bagian dari upaya kami dalam mendukung inisiatif carbon offset. Dengan menanam 25.000 bibit pohon, kami berharap dapat mengurangi emisi karbon sekaligus menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sejahtera bagi masyarakat sekitar,” pungkas Esther. 

Baca juga: ACC Raih Perusahaan Pembiayaan Sangat Bagus di Top 20 Financial Institutions Awards 2024 

Kolaborasi dengan IPB University ini memastikan setiap tahap pelaksanaan dilakukan secara profesional, mulai dari penanaman hingga monitoring dan perawatan, sehingga dapat mendukung evaluasi efektivitas program secara berkelanjutan. (*)

Editor: Yulian Saputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Prabowo Bakal Putihkan Kredit Petani dan Nelayan, Begini Respons BSI dan BTN

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyambut baik… Read More

2 mins ago

IFG Sinergi dengan IMI, Berikan Perlindungan Terhadap Risiko Mobilitas Berkendara Anggota dan Komunitas IMI

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (tengah) bersama Direktur Bisnis Indonesia Financial Group… Read More

19 mins ago

Prabowo Bakal Hapus Utang 6 Juta UMKM, Ekonom: Hati-hati Moral Hazard

Jakarta – Presiden Prabowo Subianto berencana menghapus atau memutihkan utang 6 juta pelaku usaha menengah, kecil, dan… Read More

29 mins ago

BI Perpanjang Insentif Kredit Properti DP 0 Persen hingga 2025

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memperpanjang kebijakan makroprudensial longgar yakni, pembebasan uang muka atau down Payment (DP) kredit properti… Read More

44 mins ago

Transaksi Digital Melonjak 14 Kali Lipat, Ini Arahan Bank Indonesia

Sanur - Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) Bank Indonesia (BI) Ryan Rizaldy menekankan pentingnya… Read More

1 hour ago

Marak Pencurian Data Digital, Sistem Ini Jadi Solusinya

Sanur - Adopsi teknologi tak bisa dihindarkan di era digital seperti sekarang. Salah satu contohnya… Read More

2 hours ago