Ficth Rating Naikkan Peringkat Local Currency Issuer Indonesia

Ficth Rating Naikkan Peringkat Local Currency Issuer Indonesia

Hongkong – Fitch Rating menaikkan peringkat Long Term Foreign and Local Currency Issuer Default Indonesia dari BBB- menjadi BBB dengan outlook stable.

Kenaikan peringkat Indonesia salah satunya karena ketahanan Indonesia terhadap guncangan eksternal yang kuat dalam beberapa tahun terakhir. Selama itu, kebijakan makroekonomi secara konsisten diarahkan untuk menjaga stabilitas.

Kebijakan nilai tukar yang lebih fleksibel sejak pertengahan 2013 telah mendukung cadangan devisa meningkat menjadi US$126 miliar pada November 2017

Sementara kebijakan moneter yang diambil pemerintah dinilai cukup disiplin untuk membatasi arus keluar modal selama periode yang menantang. Selain itu, langkah-langkah makro-kehati-hatian juga telah membantu menekan tajamnya kenaikan utang luar negeri perusahaan. Sementara pendalaman keuangan dinilai tepat dalam menyikapi stabilitas pasar yang membaik.

Fokus pada stabilitas makro terlihat dalam asumsi anggaran yang kredibel dalam beberapa tahun sebelumnya.

Meski ketahanan Indonesia telah membaik, namun tantangan eksternal tetap ada, termasuk potensi tekanan pasar yang muncul dalam konteks normalisasi kebijakan Federal Reserve AS.(*)

Related Posts

News Update

Top News