FB, IG, WA Gangguan, Kerugian Global Ditaksir Capai Rp2 Triliun

FB, IG, WA Gangguan, Kerugian Global Ditaksir Capai Rp2 Triliun

BI Tekankan Sistem Pembayaran WhatsApp Harus Tunduk Aturan
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp mendadak mengalami gangguan pada Senin, (05/10) malam. Gangguan ini terjadi di berbagai negara dan berlangsung selama kurang lebih 5 jam.

Melalui Twitternya, NetBlocks, organisasi yang memantau keamanan dunia maya dan tata kelola Internet, memperkirakan kerugian ekonomi global akibat kejadian tersebut mencapai US$160 Juta atau Rp2 triliun.

Sementara itu, Mark Zuckerberg pendiri Facebook dan pemilik Instagram serta WhatsApp juga otomatis terkena imbasnya. Kekayaan pribadi Mark langsung turun US$6 miliar atau setara dengan Rp85,2 triliun. Saham Facebook pun juga turun 4,9% akibat gangguan massal ini.

Layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp sudah mulai pulih sejak Selasa (5/10/2021) pagi. Melalui akun Twitter @Facebook, Mark meminta maaf akan gangguan yang terjadi.

“Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali online sekarang. Terima kasih telah mendukung kami,” seperti dikutip pada Selasa (5/10).

Setelah pengumuman tersebut, beberapa pengguna Facebook mulai mendapatkan kembali sebagian akses ke tiga aplikasi tersebut. Layanannya juga sudah berjalan normal. (*)

Related Posts

No Content Available

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]