News Update

Faisal Basri Ramal Ekonomi RI Baru Pulih di Kuartal II-2021

Jakarta – Ekonom Senior UI Faisal Basri memprediksi perkonomian Indonesia baru akan pulih tumbuh positif pada kuartal kedua tahun 2021. Dirinya mengatakan, penanganan pandemi covid-19 yang belum sempurna membuat ekonomi sulit untuk kembali pulih.

“Kuartal II 2021 diperkirakan baru akan pulih.
Kita belakangan pulihnya karena penanganan covidnya tercecer,” kata Faisal dalam diskusi Indef secara virtual di Jakarta, Rabu 23 Desember 2020.

Dalam paparannya, Faisal menggambarkan ekonomi Indonesia masih akan terkontraksi minus 1,6% pada kuartal-IV 2020. Sementara di kuartal-I 2021 ekonomi RI juga masih akan minus 0,9% secara tahunan. Lalu kemudian ekonomi RI bisa bangkit positif pada kuartal-II 2021 di posisi 1,4% lalu berlanjut pada kuartal III-2021 positif 4,5%.

Dirinya mengatakan, pertumbuhan ekonomi RI masuk pada jalur lambat akibat pandemi covid-19. Terlebih, beberapa negara di dunia sudah mulai pulih namun penanganan pandemi covid-19 di Indonesia masih belum juga selesai.

“Kita memasuki fase krisis ditunjukan dengan penambahan jumlah kasus harian yang melampaui jumlah kasus yang sembuh,” tukas Faisal.

Oleh karena itu, dirinya berharap Pemerintah segera membenahi penanganan pandemi covid-19 dengan gencar melakukan tracking serta meningkatkan angka testing di masyarakat untuk mencegah penularan covid-19. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Ada Sri Mulyani hingga Raffi Ahmad, Ini Daftar Lengkap Calon Menteri dan Wamen Kabinet Prabowo

Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto telah mengundang calon menteri dan wakil menteri (wamen) serta… Read More

2 hours ago

Resmi Diluncurkan, BMoney Privilege Lounge Tawarkan Pengalaman Investasi Menarik

Jakarta – BMoney resmi meluncurkan aplikasi BMoney Privilege Lounge yang hadir untuk menawarkan kenyamanan, kemewahan,… Read More

2 hours ago

Menteri Investasi Beberkan 2 Kunci Capai Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen

Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roslanie, menyebutkan bahwa, kunci untuk… Read More

2 hours ago

Calon Wamen Datangi Kediaman Presiden Terpilih Prabowo

Selebriti Raffi Ahmad sambangi kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, 15 Oktober… Read More

5 hours ago

Total 59 Calon Wakil Menteri dan Kepala Badan yang Sudah Dipanggil Prabowo, Ini Daftarnya

Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto menyudahi pemanggilan calon menteri dan wakil menteri (wamen) untuk kabinet… Read More

6 hours ago

DBS Indonesia Gandeng Moduit Perluas Akses Investasi Obligasi Pasar Sekunder, Targetkan AUM Rp500 Miliar

Jakarta - PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia), hari ini, Selasa (15/10), meresmikan kerja… Read More

6 hours ago