Tips Merawat Aki Mobil 

Tips Merawat Aki Mobil 

Jakarta – Aki adalah salah satu komponen penting pada mobil anda. Fungsi aki memang cukup vital karena menangani masalah kelistrikan pada seluruh mobil. Jika aki soak, anda tak akan bisa menggunakan semua alat listrik seperti lampu dan media lainnya. Oleh karena itu, anda perlu merawat aki secara berkala agar tak menimbulkan masalah dijalan.

Berikut adalah cara-cara yang dapat anda lakukan untuk merawat aki mobil:

1. Nyalakan Mobil Secara Berkala

Daya pada aki akan terisi ketika mobil menyala atau berjalan. Namun, bagaimana bila mobil tak digunakan? Ketika mobil tidak digunakan, daya pada aki akan terus berkurang. Akibatnya, tenaga mobil kosong dan tidak dapat ter-starter. Untuk mengatasinya, anda perlu menyalakan mobil anda selama minimal 15 menit setiap hari. Tujuannya supaya tenaga dalam mobil tak kosong dan dapat digunakan ketika diperlukan.

2. Cek Kondisi Muatan Aki

Aki merupakan baterai yang menyuplai energi listrik. Oleh karena itu, cek muatan listrik dalam aki secara rutin. Anda dapat mengetahui muatan listrik dalam aki dengan menggunakan alat khusus bernama battery load tester. Indikator dari alat tersebut akan menunjukkan besaran daya yang masih dimiliki aki.

Jika anda menggunakan aki basah, cek cairan elektrolit yang berada di dalamnya. Segera isi air aki jika cairan sudah berada di bawah batas normal.

3. Cek Terminal Aki

Kemudian, jangan lupa untuk memeriksa terminal aki. Pertama, pastikan terminal aki anda tidak berkarat, berjamur, dan tidak melonggar. Jika terminal aki mobil jamuran dan berkarat, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air panas. Jika terminal aki anda melonggar atau kendor, maka anda perlu mengencangkan terminal aki dengan alat yang sesuai.

4. Hindari Kebiasaan Buruk

Pengendara sering kali memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak aki. Contoh kebiasaan buruk ini adalah menghidupkan AC atau lampu dalam keadaan mesin mati. Memang, kebiasaan ini tak jadi masalah jika dilakukan dalam waktu singkat. Namun, kebiasaan ini akan merusak aki bila dilakukan dalam waktu yang lama.

Energi untuk menyalakan AC dan lampu tergolong besar, apalagi jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Beban yang berat tersebut akan terus menggerus energi pada aki sehingga cepat habis. Energi yang semakin merosot dan tidak diimbangi asupan daya yang seimbang dapat menimbulkan soaknya aki mobil anda.

5. Miliki asuransi kendaraan

Meskipun telah melalui perawatan, kecelakaan dan mobil macet ditengah jalan tetap jadi ancaman bagi setiap pengemudi. Oleh karena itu, anda perlu melindungi kendaraan anda dengan asuransi. Jika belum memiliki asuransi, Tugu Insurance dapat menjadi pilihan bagi anda.

Asuransi Tugu memiliki produk asuransi kendaraan bermotor yakni T Drive. Produk asuransi ini memberikan ganti rugi terhadap risiko kehilangan atau kerusakan akibat kecelakaan. Selain itu, Tugu Insurance juga sigap melayani nasabahnya dengan layanan bantuan 24 jam, T-Rex  (Tugu Real Experience).

Layanan T-Rex akan memberikan pertolongan pertama pada kendaraan anda saat mengalami masalah di jalan. Layanan ini memberikan penanganan darurat pertama, dimulai dari kejadian ban bocor, jumper aki, hingga kejadian yang tak terduga seperti kecelakaan di jalan raya. Anda tinggal menelpon pelayanan konsumen, “Call TIA” di nomor 1500 458 atau Whatsapp di nomor 081197900100. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki asuransi kendaraan dari Tugu Insurance. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.