Tips Menghemat Listrik Saat Beraktivitas di Rumah

Tips Menghemat Listrik Saat Beraktivitas di Rumah

Jakarta – Beraktivitas sepanjang hari di rumah membuat sebagian tagihan listrik meningkat. Agar tak membengkak, anda perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan untuk menghemat listrik. Bagaimana cara dan apa saja tindakan sederhana yang dapat menghemat pengeluaran listrik anda?

1. Matikan elektronik yang tidak digunakan

Pastikan anda mematikan alat elektronik ketika tidak digunakan seperti, televisi dan Personal Computer (PC). Daya siaga alat elektronik dapat mencapai 10 persen dari penggunaan listrik tahunan rata-rata rumah tangga. Oleh karenanya, mencabut elektronik yang tidak digunakan dan hemat pengeluaran listrik anda.

2. Gunakan pencahayaan alami

Sebisa mungkin, matikan lampu pada siang hari dan gunakan lah pencahayaan alami. Buka jendela anda dan biarkan cahaya alami masuk. Anda juga dapat membuat ventilasi di atas pintu dan jendela agar cahaya dapat masuk.

3. Matikan air ketika tak digunakan

Air mengalir saat anda mencukur, mencuci tangan dan menyikat gigi dapat membuat tagihan listrik anda bengkak. Pompa air berkontribusi 10%-20% dari konsumsi listrik di rumah. Semakin banyak pemakaian air, maka kerja pompa akan semakin banyak dan tagihan listrik semakin bengkak.

4. Matikan AC saat tak digunakan

Untuk menghemat listrik, anda juga dapat mematikan AC pada siang hari. Manfaatkan ventilasi dan buka jendela rumah anda supaya terjadi sirkulasi udara yang optimal. Bila perlu, pakailah kipas angin agar tagihan listrik berkurang. Pada malam hari, anda dapat menggunakan timer untuk mengatur lama waktu AC bekerja.

5. Jangan lupa asuransikan rumah anda

Agar pencegahan anda semakin lengkap, anda perlu memiliki asuransi properti. Tak perlu bingung, anda dapat mempercayakan keluarga pada produk-produk Asuransi Tugu. Rekam Jejak asuransi pelat merah satu ini tak perlu diragukan karena sudah berpengalaman selama lebih dari 38 tahun. Oleh karena itu, Asuransi Tugu dapat menjadi pilihan terpercaya anda.

Untuk rumah keluarga, Asuransi Tugu memiliki produk Asuransi Properti. Asuransi Properti Tugu akan menjamin semua risiko pertanggungan, yang memberikan ganti rugi atas kerusakan properti anda yang disebabkan, bencana alam seperti banjir, gempa bumi, letusan gunung berapi dan tsunami, dan tanah longsor. Selain itu, dengan perluasan jaminan, anda akan mendapat perlindungan dari kerusuhan, huru-hara, dan tertabrak kendaraan.

Bersama Asuransi Tugu, keluarga anda akan semakin aman dan siap dalam menghadapi masa depan. Jadi, segera miliki polis asuransi properti dari Asuransi Tugu. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.