Tips Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Tips Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Jakarta – Menabung adalah hal yang perlu diajarkan sedini mungkin. Dengan menabung, anda sebagai orang tua dapat menanamkan nilai pengelolaan keuangan yang baik dan kemandirian finansial. Lalu, bagaimana cara untuk mengajarkan anak tentang pentingnya menabung? Berikut adalah cara-caranya:

1. Mulai perkenalkan uang

Pertama, ketika anak sudah dapat berhitung, anda dapat memperkenalkan uang pada anak. Anda dapat memberikan penjelasan sederhana tentang uang mulai dari bagaimana bentuk uang, nilai uang, dan juga fungsi dari uang itu sendiri secara sederhana. Kemudian, anda dapat mencontohkan cara menggunakan uang, seperti membeli beras atau jajanan di warung.

2. Berikan pengertian perbedaan belanja dan menabung

Kedua, berikan pengertian pada anak tentang perbedaan belanja dan menabung. Anda dapat menjelaskan manfaat dari menabung. Berikan penjelasan bahwa barang yang diinginkan bisa didapatkan dengan cara menabung.

Selain itu, jelaskan juga bahwa uang tabungan yang digunakan terus-menerus, lama-kelamaan akan habis jika terus dibelanjakan. Dengan melakukan hal ini, anak menjadi memiliki pertimbangan setiap ingin mengeluarkan uang. 

3. Ajarkan anak untuk punya rekening bank 

Ketiga, untuk memperkenalkan menabung, anda dapat membiarkan anak untuk mempunyai rekening bank sendiri. Ajak anak anda untuk pergi ke bank dan membuka rekening ketika sudah cukup umur sekitar 8 hingga 10 tahun.

Dengan membuka rekening, anda dapat memperkenalkannya tabungan dan cara menabung sejak dini sehingga minat anak untuk menabung dapat berkembang.

4. Biasakan anak untuk mencatat pengeluaran

Keempat, ajarkan anak untuk mencatat setiap pengeluaran. Dengan begitu, anda dapat mengajarkan cara mengatur keuangan secara teratur dan rapih.  Anda bisa mengajarkannya secara rutin dan disiplin, seperti setelah anak anda jajan atau membeli mainan.

5. Ajarkan anak miliki asuransi

Kelima, anda dapat mengajarkan anak anda untuk berjaga-jaga dan melindungi diri dengan memiliki asuransi. Dengan asuransi, anak anda dapat memahami konsep menabung, “sedia payung, sebelum hujan”. Dengan begitu, anda dan keluarga akan siap setiap saat. Apabila belum memiliki asuransi, anda dapat memilih Asuransi Tugu sebagai pilihan tepat. 

Asuransi Tugu telah berkecimpung di dunia asuransi selama lebih dari 38 tahun. Dengan pengalaman itu, anda tak perlu khawatir akan kualitas dan produk-produk asuransi tugu. Untuk keluarga, Asuransi Tugu memiliki produk asuransi rumah tinggal.

Asuransi rumah tinggal tugu menawarkan polis asuransi untuk melindungi aset rumah anda dan isinya dari berbagai macam risiko. Risiko utama yang dijaminkan adalah kebakaran, tersambar petir, terkena ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan gangguan asap. Dengan perluasan jaminan, asuransi rumah tinggal tugu juga akan melindungi rumah anda dari kerusuhan, huru-hara, dan tertabrak kendaraan.

Dengan polis asuransi rumah tinggal, anda dan sekeluarga akan selalu nyaman dan aman. Sekaligus, anak anda dapat belajar tentang pentingnya menabung untuk melindungi diri dengan asuransi. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki polis asuransi rumah tinggal dari Asuransi Tugu. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.