Tidak Sulit, Berikut Cara Mudah Rawat Sepeda Motor

Tidak Sulit, Berikut Cara Mudah Rawat Sepeda Motor

Jakarta – Sepeda motor pribadi masih jadi favorit moda transportasi masyarakat untuk bepergian. Selain karena murah, sepeda motor juga mampu melewati kemacetan dengan mudah. Meskipun demikian, sepeda motor perlu terus dirawat secara rutin agar tidak macet dan memiliki peforma maksimal setiap saat. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

1. Gunakan bensin dengan oktan yang sesuai

Setiap sepeda motor tentu memiliki standar bensin dengan oktan yang berbeda. Motor jadul umumnya akan lebih memilih bensin dengan ron rendah seperti pertalite. Sedangkan, motor dengan model terbaru akan lebih cocok dengan bensin ron tinggi seperti, pertamax, pertamax plus atau turbo. Untuk amannya, buka kembali buku manual motor anda dan sesuaikan dengan anjuran pabrikan motor tersebut.

2. Selalu cek kondisi ban dan rem motor

Kemudian, pastikan kondisi ban dan kampas rem motor anda dalam keadaan baik. Dua komponen ini adalah komponen yang paling sering diganti apabila anda rutin menggunakan motor. Jika ban sudah halus dan tidak ada motifnya, anda perlu segera ganti ban tersebut untuk menghindari kecelakaan. Lakukan juga hal yang serupa dengan kampas rem untuk memastikan performa motor anda.

3. Servis secara berkala

Perawatan menyeluruh seperti servis diperlukan oleh motor anda. Lakukan servis setiap 5 ribu kilometer untuk menjaga performa mesin motor. Ketika sedang menservis motor, jangan lupa untuk mengganti oli secara berkala pula. Oli berperan penting untuk melumasi dan mendinginkan bagian dalam mesin, sehingga perlu rutin diganti.

4. Jangan sembarangan pasang aksesoris

Saat ini, ada banyak aksesori tambahan untuk sepeda motor. Jika ingin menambah aksesori, pastikan tambahan tersebut tidak menganggu kinerja dan kelistrikan di sepeda motor anda. Kelistrikan motor yang terganggu dapat menyebabkan kerusakan pada motor anda.

5. Asuransikan Motor Anda

Untuk menjaga motor anda dari kerusakan, jangan lupa untuk memiliki asuransi kendaraan. Dengan asuransi, anda tak perlu khawatir akan perlindungan diri anda dari kecelakaan. Anda dapat memilih asuransi terpercaya seperti Asuransi Tugu untuk perlindungan motor dan diri anda.

Asuransi Tugu memiliki produk T-Ride. Dengan perlindungan Total Lost Only (TLO), Asuransi Tugu akan memberikan biaya penggantian atas kehilangan dan kerusakan diatas 75% akibat kecelakaan dan tindakan tak disengaja lainnya selama periode polis.

Selain aman, Asuransi T-Ride merupakan asuransi motor dengan premi yang ramah dikantong. Mulai dari Rp10 ribu rupiah per bulan, anda sudah bisa mendapatkan manfaat manfaat dari T-Ride.

Jika memiliki pertanyaan,anda tinggal menelpon nomor pelayanan konsumen, “Call TIA” di nomor 1500 458 atau Whatsapp di nomor 081197900100. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki asuransi kendaraan berkualitas dan ramah kantong dari Tugu Insurance. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.