PSBB, Jaga Kesehatan Mata Anda Dengan Cara Berikut

PSBB, Jaga Kesehatan Mata Anda Dengan Cara Berikut

Jakarta – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali dilakukan. Sebagian besar karyawan pun beraktivitas dan bekerja dari rumah secara digital. Kerja dari rumah secara digital tentu akan meningkatkan penggunaan perangkat elektronik seperti komputer, laptop, smartphone, dan tablet sering kali menjadi lebih intens.

Namun, di sisi lain, menatap layar perangkat elektronik terus-terusan tidak baik untuk kesehatan mata. Lalu, apa saja yang dapat anda lakukan untuk menjaga mata tetap sehat? Simak cara-cara berikut.

1. Jaga jarak dengan layar

Jarak antara layar dan mata dapat mempengaruhi kinerja yang dilakukan mata. Posisikan layar sehingga mata sedikit menatap ke bawah, bukan lurus ke depan atau sampai mendongak ke atas. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Malaysian Family Physician tahun 2008 yang diterbitkan oleh Academy of Family Physicians of Malaysia, saat menggunakan komputer, kita disarankan untuk duduk sekitar 25 inci atau 63cm dari layar.

2. Biasakan untuk berkedip

Manusia umumnya berkedip sekitar 15-20 kali dalam 1 menit. Namun, saat menggunakan komputer dan perangkat layar digital lainnya, kita hanya berkedip sekitar 5-7 kali dalam 1 menit. Berkedip adalah cara mata mendapatkan kelembapan yang dibutuhkan di permukaannya. Jarang berkedip akan membuat permukaan mata kita mengering dan menimbulkan ketidaknyamanan. Jadi, berusahalah untuk berkedip sesering mungkin saat sedang bekerja menatap layar.

3. Atur posisi duduk

Posisi duduk yang tidak nyaman tidak hanya memengaruhi postur tubuh, tapi juga bagaimana kenyamanan mata ketika bekerja di depan layar. Usahakan kursi yang anda duduki memiliki bantalan yang nyaman dan sesuai dengan tubuh.

Pastikan ketinggian kursi pun juga harus disesuaikan agar kaki bisa menapak rata di lantai. Selain itu, lengan juga harus disesuaikan untuk memberikan dukungan saat mengetik, dan pergelangan tangan tidak boleh bertumpu pada keyboard saat mengetik.

4. Atur pencahayaan ruangan

Selain posisi duduk dan jarak layar, pencahayaan ruangan juga dapat memengaruhi kesehatan penglihatan kita. Jika layar perangkat bersinar lebih terang dari lingkungan atau ruangan kerja, mata harus bekerja lebih keras untuk melihat. Maka dari itu, aturlah kecerahan layar agar sesuai dengan tingkat cahaya di sekitar. Coba tingkatkan kontras pada layar untuk mengurangi ketegangan pada mata.

5. Jangan lupa miliki asuransi kesehatan

Di tengah pandemi, anda perlu menjaga diri sendiri dan keluarga dari penyakit. Pastikan anda memiliki asuransi kesehatan. Dengan begitu, anda tak khawatir ketika sesuatu hal terjadi. Jika anda belum memilikinya, anda dapat memilih asuransi terpercaya seperti Asuransi Tugu.

Tugu Insurance Health Insurance (THIS) dari Asuransi Tugu dapat menjadi produk terpercaya untuk anda. THIS adalah program asuransi kesehatan yang ditujukan kepada karyawan dan individu. Setelah membayar premi 1 tahun, anda akan mendapatkan manfaat maksimal program THIS sebagai berikut:

  1. Kebebasan menggunakan penyedia jasa pelayanan 
  2. Tidak ada batasan teritorial dan waktu
  3. Pelayanan kesehatan independen
  4. Kemudahan penambahan provider Rumah Sakit
  5. Sistem pembayaran klaim berupa Penggantian Pembayaran dan Non Tunai

Dengan banyaknya manfaat asuransi ini, anda tak perlu khawatir lagi akan apa yang akan terjadi. Sehingga, anda dapat semakin produktif dengan asuransi kesehatan. Segera miliki Tugu Insurance Health Insurance (THIS) dari Asuransi Tugu untuk perlindungan maksimal anda. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.