Percepat Charging Smartphone, Gunakan Cara Ini dan Jangan Lupa Asuransi

Percepat Charging Smartphone, Gunakan Cara Ini dan Jangan Lupa Asuransi

Jakarta – Smartphone telah menjadi barang yang penting bagi kehidupan sehari-hari. Jika anda aktif menggunakan smartphone, tentu saja durasi penggunaan dan kecepatan mengisi ulang daya menjadi faktor utama dalam memilih smartphone.

Meskipun begitu, ada cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mempercepat pengisian daya smartphone. Apa saja cara-cara tersebut? Berikut ulasannya.

1. Hindari pengisian daya nirkabel

Hindari pengisian daya nirkabel (wireless) jika anda ingin pengisian daya yang lebih cepat. Karena, pengisian daya nirkabel menawarkan kualitas pengisian daya yang jauh lebih lambat dari via kabel.

Beberapa pengujian membuktikan bahwa wireless charging mengisi daya 50% lebih lambat dibandingkan pengisian daya via kabel. Alasannya adalah kontak tidak langsung yang dilakukan wireless charging membuat proses transfer daya ke HP jadi tidak maksimal.

2. Aktifkan mode pesawat

Kemudian, mengaktifkan mode pesawat akan mempercepat pengisian daya smartphone. Sejumlah tes membuktikan bahwa cara ini dapat mengurangi waktu mengisi daya hingga penuh sebanyak 25 persen.

Dengan mengaktifkan mode pesawat, anda dapat mematikan pencarian sinyal jaringan yang menjadi salah satu ‘pemakan’ baterai terbesar pada smartphone. Pastikan anda tak sedang menggunakan smartphone ketika mengaktifkan mode pesawat karena sinyal akan hilang.

3. Gunakan kebel berkualitas tinggi

Terdapat perbedaan kualitas di antara dua kabel murah dan mahal. Jumlah amp yang dapat dibawa oleh dua kabel pengisian ditentukan berdasarkan ukurannya.

Kabel 28-gauge standar (di kabel murah) hanya dapat membawa tenaga sekitar 0,5 amp saja, sementara kabel 24-gauge yang lebih besar (di kabel mahal berkualitas tinggi) dapat membawa tenaga hingga 2 amp, untuk transfer daya yang lebih banyak dalam satu kali jalan.

4. Selalu isi daya lewat stop kontak

Kemudian, pastikan anda mengisi daya via stop kontak agar pengisian daya semakin cepat. Memang, terdapat banyak cara untuk mengisi daya, seperti via usb atau powerbank. Namun, terdapat perbedaan daya diantaranya.

Umumnya, mengisi daya via port USB hanya memberikan output tenaga sebanyak 0.5A saja. Ini berbeda dengan mengisi secara langsung via stop kontak, yang dapat memberikan output tenaga sebanyak 1A (bisa lebih tergantung HP) sehingga waktu pengisian daya jadi bisa lebih cepat 2 hingga 3 kali lipat.

5. Miliki asuransi harta benda

Cara mengecas atau charging yang salah dapat menyebabkan konsleting yang merusah smartphone anda. Untuk menghindari kerusakan, lengkapi handphone kesayangan anda dengan asuransi. Tak perlu bingung, anda dapat memilih Asuransi Tugu sebagai asuransi pilihan terpercaya untuk sepeda anda.

Asuransi tugu memiliki produk asuransi kerusakan harta benda. Polis asuransi ini akan memberikan ganti rugi terhadap kerugian atau kerusakan harta benda anda yang disebabkan oleh kecelakaan yang terjadi secara tidak terduga selama berada di suatu lokasi atau saat bepergian di luar tempat.

Dengan asuransi kerusakan harta benda, handphone anda akan semakin nyaman dan aman. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki polis asuransi kerusakan harta benda dari Asuransi Tugu. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.