Hindari Penyakit Jantung Pada Pria, Lakukan Tips Berikut

Hindari Penyakit Jantung Pada Pria, Lakukan Tips Berikut

Jakarta – Penyakit Jantung menjadi pembunuh nomor 1, terutama pada pria. Kebiasaan buruk menyebabkan 1 dari 4 pria meninggal akibat serangan jantung. Lalu, apa yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung? Berikut tips-tipsnya.

1. Konsumsi gandum utuh

Gandum utuh merupakan sumber serat yang baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Biji-bijian ini pun kaya akan vitamin yang membantu anda menjaga kesehatan jantung. Tepung gandum dapat digunakan dalam mengganti berbagai macam olahan tepung. Roti gandum, sereal, dan tepung gandum dapat dijadikan cemilan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Rajin konsumsi buah dan sayuran

Sayuran dan buah kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan jantung. Makanan nabati ini dapat mengurangi masalah kardiovaskuler. Kalori pada sayuran dan buah sangat rendah sehingga tidak menyebabkan penumpukan kalori yang bisa memicu penyakit jantung. Vitamin C, zat besi, dan antioksidan lain pada buah dan sayuran dapat memperlancar aliran darah. Oleh karena itu, pastikan anda rajin mengkonsumsi buah dan sayur untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Rajin berolahraga

Olah raga yang teratur dapat mengurangi risiko anda terkena serangan jantung. Dengan berolahraga rutin, anda dapat mengurangi penumpukan kalori yang menjadi sumber pemicu serangan jantung. Sehingga, hidup anda akan semakin sehat dan bugar. 

4. Batasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh dan lemak trans dapat memicu penyakit arteri koroner. Lemak-lemak ini meningkatkan kolesterol jahat yang memicu masalah pada jantung. Tingkat kolesterol yang tinggi dapat menumpuk plak pada arteri atau atherosclerosis. Akibatnya resiko serangan jantung dan stroke akan mudah menyerang pria.

Lemak ini hanya boleh dikonsumsi 11 hingga 13 gram atau setara dengan 5- 6% kebutuhan kalori harian. Anda dapat memilih daging tanpa lemak untuk menghindari lemak jenuh. Kurangi penggunaan minyak dan margarin dan gunakan minyak zaitun. Makanan yang direbus dan dipanggang akan lebih baik daripada segala macam gorengan.

5. Jangan lupa asuransi kesehatan

Di tengah pandemi, anda perlu menjaga diri sendiri dan keluarga dari penyakit. Pastikan anda memiliki asuransi kesehatan. Dengan begitu, anda tak khawatir ketika sesuatu hal terjadi. Jika anda belum memilikinya, anda dapat memilih asuransi terpercaya seperti Asuransi Tugu.

Tugu Insurance Health Insurance (THIS) dari Asuransi Tugu dapat menjadi produk terpercaya untuk anda. THIS adalah program asuransi kesehatan yang ditujukan kepada karyawan dan individu. Setelah membayar premi 1 tahun, anda akan mendapatkan manfaat maksimal program THIS sebagai berikut:

  • Kebebasan menggunakan penyedia jasa pelayanan 
  • Tidak ada batasan teritorial dan waktu
  • Pelayanan kesehatan independen
  • Kemudahan penambahan provider Rumah Sakit
  • Sistem pembayaran klaim berupa Penggantian Pembayaran dan Non Tunai

Dengan banyaknya manfaat asuransi ini, anda tak perlu khawatir lagi akan apa yang akan terjadi. Sehingga, anda dapat semakin produktif dengan asuransi kesehatan. Segera miliki Tugu Insurance Health Insurance (THIS) dari Asuransi Tugu untuk perlindungan maksimal anda. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.