Handphone Terendam Air, Selamatkan Dengan Cara Ini dan Asuransi

Handphone Terendam Air, Selamatkan Dengan Cara Ini dan Asuransi

Jakarta – Air menjadi salah satu musuh utama dari semua perangkat elektronik, khususnya handphone. Masuknya air ke dalam handphone dapat menyebabkan konsleting dan bahkan kerusakan permanen. Jika handphone terendam air, apa saja yang dapat anda lakukan untuk menyelamatkan handphone kesayangan? Perhatikan langkah-langkah berikut.

1. Segera matikan handphone

Potensi konsleting sangat mungkin terjadi apabila sistem kelistrikan smartphone yang masih berjalan saat terendam air. Untuk itu, segera matikan smartphone anda setelah terendam air untuk menghindari hubungan arus pendek. Bawalah handphone anda ke tempat yang kering dan hilangkan air sebisa mungkin dengan tisu atau kain.

2. Lepas komponen handphone

Setelah dimatikan, lepaslah phone case, sim, dan sd card dari tempatnya agar tak ada genangan yang tersisa. Jika anda memiliki handphone model lama, jangan lupa pula untuk melepas baterai pada telepon pintar. Pisahkan komponen-komponen tersebut dan keringkan satu persatu.

3. Gunakan silica gel

Setelah komponen terpisah, gunakan silica gel pada handphone anda. Silica gel akan berguna untuk menyerap air yang tersisa di dalam handphone anda. Diamkan selama dua hingga tiga hari agar semua air terserap oleh silica gel. Anda juga bisa menggunakan beras untuk menyerap air jika tak memiliki silica gel.

4. Jangan lakukan hal berikut

Kemudian, hindari melakukan tindakan yang menyebabkan air semakin masuk dan merusak handphone anda. Tindakan-tindakan tersebut, seperti menyambungkan handphone dengan charger, meniup-niup handphone, dan menghidupkan handphone. Tindakan ini akan menyebabkan air semakin masuk ke handphone anda dan menyebabkan konsleting.

5. Asuransikan handphone anda

Untuk menghindari kerusakan, lengkapi handphone kesayangan anda dengan asuransi. Tak perlu bingung, anda dapat memilih Asuransi Tugu sebagai asuransi pilihan terpercaya untuk sepeda anda.

Asuransi tugu memiliki produk asuransi kerusakan harta benda. Polis asuransi ini akan memberikan ganti rugi terhadap kerugian atau kerusakan harta benda anda yang disebabkan oleh kecelakaan yang terjadi secara tidak terduga selama berada di suatu lokasi atau saat bepergian di luar tempat.

Dengan asuransi kerusakan harta benda, handphone anda akan semakin nyaman dan aman. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki polis asuransi kerusakan harta benda dari Asuransi Tugu. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.