Cegah Penyakit, Berikut Alasan Penting Mencuci Tangan

Cegah Penyakit, Berikut Alasan Penting Mencuci Tangan

Jakarta – Saat ini, mencuci tangan dengan benar adalah cara paling efektif untuk mencegah penyakit. Banyak sekali virus dan penyakit yang dapat anda cegah dengan mencuci tangan, termasuk COVID-19 atau Virus Corona.

Lalu, mengapa mencuci tangan sangat penting dalam mencegah penyakit, berikut alasannya:

1. Penyakit menular menyebar melalui sentuhan

Ada sekitar 80% penyakit menular yang menyebar melalui sentuhan. Oleh karena itu, anda harus rajin mencuci tangan. Berdasarkan sebuah penelitian yang dikutip oleh laman All Portable Sinks, mencuci tangan dengan benar akan mengurangi risiko diare hingga 40% dan infeksi pernapasan hingga 20%.

2. Ujung jari dan bawah kuku adalah sarang kuman

Mayoritas bakteri menular tinggal di ujung jari dan di bawah kuku tangan dan jumlah bakteri ini akan berlipat ganda setelah memakai kamar mandi. Kebanyakan, kita hanya mencuci telapak tangan, tetapi lupa mencuci ujung jari dan kuku dengan bersih.  Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan lebih detil bagaimana anda mencuci tangan. Pastikan kuku anda bersih dari kuman.

3. Benda-Benda Di sekitar Mengandung Kuman

Jangan heran selain kuku jari, benda-benda di sekitar anda juga menjadi sarang bakteri. Smartphone memiliki 25 ribu bakteri per inci². Sementara, meja dapur memiliki 1.736 bakteri per inci² dan pegangan pintu memiliki 8.643 bakteri per inci². Lebih mengejutkannya lagi, ada kotoran pada 10 persen kartu kredit, 14 persen uang kertas dan 16 persen ponsel. Maka dari itu, mencuci tangan sangat penting untuk mencegah bakteri-bakteri ini masuk ke dalam tubuh.

4. Tak semua orang mencuci tangan dengan benar

Dikutip dari laman All Portable Sinks, hanya ada 5 persen orang yang mencuci tangannya dengan benar. Bahkan, durasi rata-rata orang mencuci tangan hanya 6 detik saja. Data statistik menunjukkan bahwa hanya ada 20% orang yang mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan dan 39% yang mencuci tangan sebelum makan.

Padahal dengan mencuci tangan dengan benar, anda dapat mencegah banyak penyakit termasuk Corona. Pastikan anda selalu rajin dalam mencuci tangan.

5. Miliki asuransi kesehatan

Untuk berjaga-jaga dari penyakit, selain mencuci tangan, anda perlu memiliki asuransi kesehatan. Dengan begitu, anda tak khawatir ketika sesuatu hal terjadi. Jika anda belum memilikinya, anda dapat memilih asuransi terpercaya seperti Asuransi Tugu. 

Tugu Insurance Health Insurance (THIS) dari Asuransi Tugu dapat menjadi produk terpercaya untuk anda. THIS adalah program asuransi kesehatan yang ditujukan kepada karyawan dan individu. Setelah membayar premi 1 tahun, anda akan mendapatkan manfaat maksimal program THIS sebagai berikut:

  1. Kebebasan menggunakan penyedia jasa pelayanan 
  2. Tidak ada batasan teritorial dan waktu
  3. Pelayanan kesehatan independen
  4. Kemudahan penambahan provider Rumah Sakit
  5. Sistem pembayaran klaim berupa Penggantian Pembayaran dan Non Tunai

Dengan banyaknya manfaat asuransi ini, anda tak perlu khawatir lagi akan apa yang akan terjadi. Sehingga, anda dapat semakin produktif dengan asuransi kesehatan. Segera miliki Tugu Insurance Health Insurance (THIS) dari Asuransi Tugu untuk perlindungan maksimal anda. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.