Buka Puasa Sehat, Konsumsi 4 Menu ini dan Jangan Lupa Asuransi

Buka Puasa Sehat, Konsumsi 4 Menu ini dan Jangan Lupa Asuransi

Jakarta – Berbuka puasa menjadi salah satu momen bagi tubuh untuk memulihkan asupan energi. Meskipun demikian, ternyata ada beberapa menu-menu makanan yang perlu diperhatikan selama berbuka puasa. Sebabnya agar energi yang diperoleh bisa optimal dan tidak hanya menimbun lemak. 

Apa saja menu-menu bermanfaat tersebut? Simak ulasan berikut ini untuk menu berbuka puasa anda.

1. Menu makanan kaya serat

Pertama, pastikan anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Buah-buahan, seperti kurma, sayuran, dan sumber energi seperti roti gandum, mampu memenuhi kebutuhan serat tubuh anda. Selain itu, biji, kacang-kacangan, dan polong-polongan juga dapat menambah asupan serat yang anda butuhkan. 

2. Cukup minum air

Kemudian, anda juga perlu memastikan untuk meminum asupan air yang cukup bagi tubuh. Konsumsi air mineral akan menjaga tubuh anda tetap terhidrasi setelah berpuasa sehari penuh. Hindari minuman-minuman berkafein seperti kopi sebab kafein akan menyerap kandungan air dari tubuh. Selain itu, anda juga bisa menambah cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang berair.

3. Menu makanan kaya protein

Kemudian, asupan protein yang cukup juga penting untuk memulihkan energi anda saat berbuka puasa. Tubuh menggunakan asam amino dari protein untuk menghasilkan energi. Untuk menunya, anda bisa memilih makanan seperti daging merah tanpa lemak, daging unggas (tanpa kulit), produk susu rendah lemak, dan makanan yang dikukus, direbus, atau dipanggang. Produk kedelai, kacang-kacangan, dan lentil juga bisa menjadi pilihan bagus.

4. Fokus pada kualitas makanan

Memang, makan banyak setelah berpuasa seharian tidak menjadi masalah. Meskipun demikian, alangkah lebih baik jika kita menjaga asupan vitamin dan kandungan makanan yang dikonsumsi. Lebih baik fokus pada kualitas makanan yang dikonsumsi daripada jumlah makanan yang bisa dimakan.

Apalagi, konsumsi makanan berlebihan akan menganggu pencernaan. Ketika anda berbuka puasa pastikan anda mengkonsumsi serat, karbohidrat (sederhana dan kompleks), protein dan lemak (tidak jenuh) secukupnya untuk memulihkan energi yang hilang. Lalu, lengkapi juga dengan konsumsi air mineral untuk menjaga sistem pencernaan.

5. Miliki Asuransi Kesehatan

Seperti pepatah sedia payung sebelum hujan, anda perlu langkah tambahan untuk menjaga diri sendiri dan keluarga dari penyakit. Pastikan anda memiliki asuransi kesehatan. Dengan begitu, anda tak khawatir ketika sesuatu hal terjadi. Jika anda belum memilikinya, anda dapat memilih asuransi terpercaya seperti Asuransi Tugu. 

Tugu Insurance Health Insurance (THIS) dari Asuransi Tugu dapat menjadi produk terpercaya untuk anda. THIS adalah program asuransi kesehatan yang ditujukan kepada karyawan dan individu. Setelah membayar premi 1 tahun, anda akan mendapatkan manfaat maksimal program THIS sebagai berikut:

  1. Kebebasan menggunakan penyedia jasa pelayanan 
  2. Tidak ada batasan teritorial dan waktu.
  3. Pelayanan kesehatan independen.
  4. Kemudahan penambahan provider Rumah Sakit.
  5. Sistem pembayaran klaim berupa Penggantian Pembayaran dan Non Tunai

Dengan banyaknya manfaat asuransi ini, anda tak perlu khawatir lagi akan apa yang akan terjadi. Sehingga, anda dapat semakin produktif dengan asuransi kesehatan. Segera miliki Tugu Insurance Health Insurance (THIS) dari Asuransi Tugu untuk perlindungan maksimal anda. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.