Bangun Rumah Tahan Banjir Dengan Asuransi Rumah

Bangun Rumah Tahan Banjir Dengan Asuransi Rumah

Jakarta – Awal tahun 2020 dibuka dengan hujan deras dan banjir di beberapa wilayah Jabodetabek. Banjir merendam rumah-rumah warga dan menghanyutkan segala isinya. Jika anda berencana untuk membangun rumah, ada baiknya bila aspek banjir turut dipertimbangkan.

Lalu, apa saja yang dapat dilakukan untuk membangun rumah yang tahan banjir? Berikut adalah cara-caranya:

1. Tinggikan permukaan rumah

Pertama, pastikan tanah dimana rumah anda dibangun cukup tinggi. Untuk lebih aman, anda dapat meninggikan permukaan rumah terutama bila anda berada di daerah rawan banjir. Dengan pondasi kuat dan tinggi, rumah anda akan bebas dari banjir.

2. Gunakan paving block

Kedua, anda dapat menggunakan paving block sebagai lahan serapan air di rumah. Paving block atau grass block yang memiliki lubang di tengah dapat membantu serapan air ke tanah. Dengan lahan serapan air, dampak banjir dapat diminimalisir dan dihindari. Keuntungan lainnya adalah paving block sangat awet dan perawatannya mudah.

3. Gunakan cat pelapis dan sealant

Ketiga, anda dapat menggunakan cat pelapis dan sealant untuk mencegah air banjir masuk. Anda dapat melapisi beberapa bagian rumah seperti fondasi, dinding, jendela, dan pintu. Hal ini membantu mencegah air banjir masuk ke dalam rumah melalui berbagai celah-celah, pori-pori, maupun retakan di bagian-bagian tersebut.

4. Buat sumur resapan atau biopori

Keempat, anda dapat membuat sumur resapan atau biopori untuk mencegah banjir. Dengan membuat lubang biopori, air hujan lebih mudah terserap ke dalam tanah atau dapat dibuang langsung ke saluran drainase. Semakin banyak lubang biopori di halaman anda, maka semakin aman pula rumah dari bahaya banjir.

5. Miliki asuransi rumah

Kelima, lindungi rumah anda dengan asuransi properti. Banjir dan bencana lain dapat terjadi kapan saja. Untuk itu, anda perlu berjaga-jaga dan sedia payung sebelum hujan. Asuransi properti dapat menjadi payung tersebut sehingga anda tak khawatir ketika hal yang tak di inginkan terjadi.

Pastikan anda memilih asuransi-asuransi terpercaya seperti Asuransi Tugu. Dengan pengalaman lebih dari 37 tahun, Asuransi Tugu akan memberi perlindungan maksimal pada rumah dan harta benda anda.

Asuransi Properti Tugu akan menjamin semua risiko pertanggungan, yang memberikan ganti rugi atas kerusakan properti anda yang disebabkan, bencana alam seperti banjir, gempa bumi, letusan gunung berapi dan tsunami, dan tanah longsor. Selain itu, dengan perluasan jaminan, anda akan mendapat perlindungan dari kerusuhan, huru-hara, dan tertabrak kendaraan.

Bersama Asuransi Tugu, anda akan semakin aman dan mantap dalam membangun rumah. Jadi, segera miliki polis asuransi properti dari Asuransi Tugu. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.